Efek Negatif Penebangan Hutan Secara Liar

Efek Negatif Penebangan Hutan Secara Liar – Seperti yang kita tahu, hutan merupakan paru-paru dunia yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa adanya hutan yang rindang dan terpelihara dengan baik, maka kehidupan makhluk hidup di dalamnya akan terganggu dan bermasalah.

Untitled

Itulah yang saat ini sudah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia akibat penebangan hutan yang dilakukan secara liar oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. Padahal, efek dari penebangan hutan yang dilakukan tanpa adanya pertimbangan yang tepat akan sangat merugikan dan berdampak negative terhadap kehidupan di masa mendatang.

Kesuburan tanah menghilang

Salah satu dampak buruk dari penebangan hutan secara liar adalah tanah menjadi tidak subur. Penebangan hutan yang dilakukan membuat kondisi lahan hutan menjadi gundul sehingga tidak ada pepohonan yang menjadi tempat bernaung tanah sehingga kesuburan tanah secara perlahan akan terganggu. Teriknya matahari yang tidak seimbang dengan kondisi hutan yang sudah tak lagi rindang membuat kondisi tanah semakin mengering dan sisa-sisa kayu hasil penebangan liar membuat hutan menjadi terbakar dan tidak hidup sama sekali. Otomatis hal ini akan merusak ekosistem hutan dan kehidupan hewan di dalamnya.

Daerah resapan air terganggu

Penebangan hutan liar dapat berdampak negative terhadap berkurangnya daerah resapan air yang selama ini menjadi salah satu fungsi hutan. Tidak ada lagi pohon-pohon yang menyerap air tanah sehingga persediaan air bersih semakin minim dan sangat terbatas.

Kebutuhan air menjadi tidak terpenuhi dan membuat kehidupan masyarakat sekitar menjadi tidak sehat karena kapasitas air bersih tidak bisa dipenuhi sesuai kebutuhan. Selain itu, tentu saja resiko bencana alam seperti banjir dan longsor semakin merajalela sehingga masyarakat yang menjadi korban akan sangat menderita.

Keanekaragaman hayati berkurang

Penebangan hutan yang dilakukan secara liar sangat berdampak pada kehidupan kita semua. Keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya pun semakin berkurang dan lama-lama akan habis karena pemanfaatannya tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Pepohonan akan musnah, hewan-hewan dan mikroorganisme akan terganggu kehidupannya sehingga hal ini menyebabkan efek yang sangat merugikan.

Keselarasan kehidupan antara lingkungan dan makhluk hidup di dalamnya akan semakin terganggu dan menimbulkan dampak yang lebih buruk di hari esok apabila tidak segera ditangani dan diantisipasi dengan langkah yang tepat dan juga pasti.

Efek terburuk dari penebangan liar dan penggundulan hutan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab adalah terjadinya resiko pemanasan global. Penyerapan karbon dioksida yang seharusnya dilakukan oleh pepohonan hijau di hutan menjadi tidak berjalan dengan maksimal sehingga keberadaan karbon dioksida yang menumpuk di udara akan menjadi racun yang mematikan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Untuk menanggulangi hal tersebut, penebangan hutan secara liar harus diberikan sanksi tegas agar masalah dan efek buruk yang ditimbulkan dapat dihindari sebelum terlambat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Efek Negatif Penebangan Hutan Secara Liar

  1. Kedy

    Saya juga sangat jengkel melihat ribuan pohon di tebang di kalimantan oleh perusahaan kayu. Tapi masyarakat x msih dlm kmiskinan…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *