Efektifitas dari Berbagai Cara Program Seleksi

Efektifitas dari Berbagai Cara Program Seleksi – Efektifitas dari berbagai cara program seleksi, metode seleksi yang dapat diterapkan ada banyak, penerapan metode dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti heritibilitas, moda reproduksi ketersediaan fasilitas dan biaya, dan kultivar yang akan dibuat. Tanaman yang cukup mudah proses seleksinya adalah tanaman yang dapat diperbanyak dengan klonal, keturunan pertama dapat langsung diseleksi dan diambil hasil yang terbaik.

Untitled

Efektifitas dari berbagai cara program seleksi, dalam pemuliaan tanaman dengan konvensional target yang harus dilakukan adalah menyeleksi karakter-karakter berdasarkan seleksi morfologi / fenotip baik secara populasi tanaman atau individu tanaman. Karakter yang umum dan paling tua yang digunakan adalah sifat fisiologi dan morfologi. Seperti bentuk daun, bentuk batang, dll. Kelemahan dalam menggunakan tipe ini adalah ekspresi yang bervariasi terhadap lingkungan. Maka dari itu seleksi pada suatu karakter berdasarkan fenotip (penampakan) banyak kekurangan, seperti jika karakter heritabilitasnya rendah daripada faktor generiknya maka akan mudah dipengaruhi lingkungannya. Hasil yang didapat pun kurang bagus, hasilnya tidak konsisten.

Efektifitas dari berbagai cara program seleksi konvensional sudah mendapatkan solusi yaitu dengan penanda molekuler sebagai penanda hasil yang tepat. Marker merupakan karakter yang diturunkan pada keturunan dapat berkorelasi dan berasosiasi dengan genotip tertentu. Teknik molekuler banyak diterapkan di negara maju. Marka molekuler digunakan untuk memonitor spesis DNA dan merekayasa variasi genetic baru. Marka kolekuler dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam menentukan variasi generic yang baru. Marka molekuler tidak dapat dipengaruhi oleh faktor lain dan dapat digunakan tanpa menunggu umur tertentu.

Efektifitas dari berbagai cara program seleksi dengan marka kolekuler juga mempunyai kendala yaitu hal yang mendukung kualitas molekuler masih terbatas, dana yang kurang memadai, dan sarana prasaranya pun masih kurang sempurna. Agar dapat berkembang dengan baik maka harus didukung dengan dana yang terus menerus yang digunakan untuk melakukan penelitian-penelitian dan tingkatkan lagi sarana dan prasarananya. Semoga bacaan ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda dan tentunya dapat memberikan manfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Efektifitas dari Berbagai Cara Program Seleksi

  1. Pingback: Kegunaan Kultur Jaringan Bagi Kehidupan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *