Emosi Berikut Ini Sering Kita Alami Namun Tidak Pernah Kita Ketahui

Kita sangat familiar dengan sebuah kata bernama “emosi” atau dalam Bahasa Inggris disebut sebagai emotion. Namun, kebanyakan dari kita hanya mengenal dan menggunakan kata tersebut untuk mendeskripsikan sebuah tindakan yang berkonotasi negatif.

t-74

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak jenis emosi dalam kehidupan? Terkhusus pada jenis emosi grup konsepsi dan sensasi, emosi-emosi yang ada dikategorikan dalam tiga bagian besar, yakni rewards atau penghargaan, coercions atau paksaan, dan punishments atau hukuman. Ini beberapa di antaranya.

  • Jenis emosi yang pertama adalah grup konsepsi. Pada bagian rewards, beberapa emosi yang dapat ditemukan adalah cinta kasih orang tua, kebanggaan, dan perasaan lucu atau humor. Dalam bagian coercions, beberapa emosi yang dapat ditemukan adalah perasaan cemburu dan empati. Sedangkan pada bagian punishments, ada sakit hati dan iri dengki.
  • Jenis emosi yang kedua adalah grup sensasi. Pada bagian rewards, beberapa emosi yang dapat ditemukan adalah kenyamanan seksual dan riang gembira. Dalam bagian coercions, beberapa emosi yang dapat ditemukan adalah kelaparan dan kebosanan. Sedangkan pada bagian punishments, ada perasaan menjijikan.
  • Jenis emosi yang ketiga adalah refleks yang dibedakan dua menjadi startle (berguna untuk menghindarkan diri secara cepat dari suatu tindakan yang mengancam keselamatan) dan fear (berguna untuk menghindarkan diri karena dipicu oleh ingatan tentang sesuatu yang membahayakan).
  • Jenis emosi yang selanjutnya dikategorikan sebagai involuntary expression di mana pada bagian ini Anda melakukan tindakan yang tidak disadari sebagai akibat dari gejolak perasaan Anda. Contohnya adalah menangis secara tak sengaja karena kesepian.
  • Jenis emosi yang terakhir adalah voluntary expression di mana Anda akan melakukan tindakan yang Anda sadari sebagai bentuk atas gejolak perasaan Anda. Ini adalah kelompok emosi yang sangat sering kita jumpai. Beberapa contoh di antaranya adalah marah dan tertawa.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa jenis emosi yang terkadang tidak kita ketahui ataupun sadari. Apakah Anda pernah merasakannya dalam kehidupan sehari-hari?

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *