Era Awal Mula Kehidupan di Bumi Dimulai

Era Awal Mula Kehidupan di Bumi Dimulai – Bumi yang Anda lihat sekarang tidak terbentuk secara langsung. Bumi terbentuk bermilyaran tahun yang lalu dan hanya diisi oleh lautan, danau dan sungai. Para peneliti memulai penelitian mengenai terbentuknya bumi dan masa dimulainya kehidupan yang ada dibumi. Dari penelitian tersebut, didapatkan beberapa era yang menjadi awal kehidupan yang ada di bumi hingga saat ini.

Era Paleozoikum

1Kurang lebih pada 600 juta tahun yang lalu, terdapat era atau masa yang disebut sebagai era Paleozoikum atau Era Paleozoic atau Periode Kambrium. Para ilmuan percaya jika masa ini adalah masa mahkluk hidup pertama kali datang.

Di masa ini juga terdapat kelompok utama dari invertebrata laut yang hingga saat ini berkembang. Disebut sebagai periode kambrium karena terjadi Ledakan Kambrium. Dari ledakan tersebut, terjadi kemungkinan jika organisme pindah dan muncul kembali.

Periode Ordovisium

1Setelah Era Paleozoikum atau Era Paleozoic atau Periode Kambrium, kehidupan di bumi masuk ke dalam sebuah era bernama era Ordovisium atau masa Ordovisium. Pada masa ini, terdapat binatang yang miring dengan cacing dan saat ini species tersebut disebut dengan chordata. Hewan yang termasuk chordata adalah burung, amfibi, reptile dan mamalia.

Zaman Silur, Periode Devonian

1Setelah Periode Ordovisium, masuk ke zaman Silur. Di masa ini, tulang punggung yang terdapat pada hewan, pertama kali muncul. Setelah Zaman Silur, masuk ke Periode Devonian. Di periode ini, ikan yang memiliki tulang mulai berkembang. Tidak hanya jenis ikan bertulang namun juga tanaman terestrial juga pertama kali muncul dan berkembang.

Era Mesozoikum

1Sekitar tahun 250 juta tahun lalu terjadi era Mesozoikum. Di era ini, terjadi perkembangan reptil seperti dinosaurus yang berevolusi dan berubah menjadi bentuk kehidupan yang mendominasi bumi. Selain hewan reptil terdapat juga hewan mamalia yang berevolusi. Di zaman ini pula, burung pertama kali muncul dan tanaman hijau yang subur juga terbentuk dan tersebar di seluruh bumi.

Tidak hanya mahkluk hidup namun juga terbentuknya benua yang menjadi salah satu bentuk daratan yang disebut dengan Pangaea. Menjelang akhir era, Pangaea pecah dan menjadi potongan kecil dan potongan tersebut bergerak terpisah karena suatu pergeseran yang ada di dalam bumi sehingga membentuk suatu benua. Karena pergerakan tersebut, tanaman dan hewan terisolasi dan memicu adanya pergeseran genetik sehingga membentuk jenis hewan dan tumbuhan yang berbeda di setiap daratan.

Di akhir era Mesozoikum, kepunahan yang besar terjadi dan dinosaurus menghilang karena meteor besar yang bertabrakan dengan bumi sehingga menghasilkan ledakan yang besar dan para ilmuwan percaya jika tabrakan terjadi di sekitar Semenanjung Yucatan, Meksiko. Debu yang dihasilkan dari ledakan besar menjadi gelap dan membuat fotosintesis menjadi mustahil sehingga jumlah makanan yang dapat dimakan menjadi langka serta terjadi kepunahan dan dinosaurus menghilang dan mamalia menduduki bumi.

Era Kenozoikum

1

Setelah Era Mesozoikum berakhir, dimulai era Kenozoikum atau usia Mamalia. Masa tersebut terjadi sekitar 65 juta tahun yang lalu dan masih terjadi hingga saat ini. Mamalia yang terpencar setelah masa kepunahan di era Mesozoikum, terpencar ke seluruh bagian bumi dan menghuni bagian yang dahulunya pernah dihuni oleh dinosaurus. Sekitar 35 juta tahun yang lalu, primata pertama kali muncul di bumi. Sedangkan sekitar 40 ribu tahun yang lalu, para ahli meyakini jika manusia telah berevolusi menjadi manusia modern.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *