Erwin Gutawa Konduktor dan Komposer Ternama

Erwin Gutawa Konduktor dan Komposer Ternama – Erwin Gutawa lahir di Jakarta pada tanggal 16 Mei 1962. Erwin Gutawa merupakan seorang composer, Basis, Kondukter dan Arranger music di Indonesia. Erwin Gutawa juga merupakan ayah dari Gita Gutawa. Pada tahun 1985, Erwin Gutawa memulai karir music profesionalnya dengan bergabung dengan band jazz Karimata, kemudian menjadi composer mandiri sejak tahun 1991.

erwin gu

Sebagai seorang composer, Erwin Gutawa memenangkan Midnight Sun Song Festival tahun 1992 di Finlandia bersama dengan Ruth Sahanaya. Pada tahun 2001, Erwin Gutawa memenangkan penghargaan Anugerah Musik Indonesia untuk kategori arranger music terbaik di konser Rockestra nya.

Ketika Erwin Gutawamasih kecil, Erwin Gutawa menyukai permainan basket dan sepak bola, selama periode ini Erwin Gutawa juga memainkan music di Bina Musika dibawah asuhan Agus Rusli yang disiarkan Televisi Republik Indonesia. Sebagai anak berusia belasan tahun, Erwin Gutawa melanjutkan permainan musiknya dengan teman-temannya. Setelah lulus dari bangku sekolah menengah atas, Erwin Gutawa mendapatkan gelar sarjana dari program studi Arsitektur di Universitas Indonesia.

Pada awal tahun 1980an, Erwin Gutawa bekerja sebagai pengatur suara untuk acara TVRI Telerama. Kemudian karir profesionalnya dimulai tahun 1985 ketika Erwin Gutawa bergabung dengan band Karimata sebagai seorang Bassist, bermain bersama Candra Darusman, dan lain-lain. Bersama dengan Karimata, Erwin Gutawa melakukan pertunjukkan di North Sea Jazz Festival di The Hangue pada tahun yang sama.

Selama periode itu, Erwin Gutawa juga bekerja sebagai pengatur music dan produser untuk beberapa penyanyi. Setelah Karimata bubar di tahun 1991, Erwin Gutawa melakukan pertunjukkan dengan orkestranya sendiri dan bekerja sebagai composer. Disamping membuat music, Erwin Gutawa juga mengatur acara konser untuk artis lain.

Pada tanggal 3 November 2000, Erwin Gutawa menyajikan Rockestra, sebuah konser rock yang juga dihadiri oelh Slank, Gigi dan Dewa. Melibatkan 85 musisi dalam suatu orchestra, konser ini diadakan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. Musisi yang menjadi bintang tamu meliputi Ahmad Albar, Roni Harahap, Jockie Soerjoprajogo dan NickyAstria.

Pada tanggal 16 Mei 2002, Erwin Gutawa merayakan ulang tahunnya yang ke 40 th dengan membuat sebuah konser solo pertamanya, konser EG. Konser ini diadakan di tempat yang sama degnan konser sebelumnya dengan menggandeng beberapa artis seperti Chrisye, Ruth Sahanaya, Krisdayanti, Sheila on Seven dan Slank.

Sejak saat itu, Erwin Gutawa telah mengadakan banyak konser, termasuk konser yang bertemakan islam The Spirit of Ramadhan pada tahun 2008 dan konser perpisahan anak perempuannya Gita Gutawa yang berjudul A Masterpiece of Erwin Gutawa di tahun 2011. Pada tahun 2005, Erwin Gutawa pergi ke London, Inggris untuk bekerja sebagai seorang konduktor pada London Sympony Orchestra di Royal Albert Hall.

Baca juga : Gesang Martohartono Penyanyi dan Penulis Lagu Keroncong

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *