Facebook, Karya Kejeniusan Mark Zuckerberg

Facebook, Karya Kejeniusan Mark Zuckerberg – Dunia komunikasi yang sangat berkembang saat ini memunculkan banyak perubahan. Mulai dari munculnya berbagai gadget dengan kemampuan mutakhir sampai dengan hadirnya berbagai macam aplikasi yang sangat memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi kapan saja dan dimana saja.

Untitled

Kali ini kita akan menelisik awal mula munculnya media sosial yang tentunya kamu pasti kenal. Ya, Facebook, aplikasi media sosial yang ditemukan pada tahun 2004 yang merubah wajah dunia komunikasi yang membuat segalanya lebih mudah.

Adapun orang yang mengenalkannya adalah Mark Zuckerberg, pria yang lahir tanggal 14 Mei 1984 ini membangun Facebook bersama teman sekampusnya, Dustin Moskovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin pada menempuh pendidikan di Universitas Harvard yang membuat mereka tidak melanjutkan studinya tersebut.

Awal mula terciptanya Facebook cukuplah unik mengingat Facebook dilahirkan melalui kamar kecil Zuckerberg saat mengenyam pendidikan di Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Zuckerberg awalnya sangat terinspirasi dengan suat direktori yang dihasilkan oleh sekolah tinggi tempat dia belajar yang menampilkan biodata mahasiswa disertai dengan adanya pengalaman saat berada disana.

Adapun buku tahunan yang dikeluarkan sekolah itu diberi nama “The Facebook”. Dan Zuckerberg merasakan hal ini sangat berguna untuk tetap dapat berkomunikasi dengan temannya karena memuat alamat serta kontak sahabatnya tersebut.

Pada mulanya Facebook hanyalah merupakan produk Harvard yang sangat tertutup untuk kalangan mahasiswa disana. Zuckerberg kemudian mencoba menyebarkan Facebook ke universitas lain dengan bantuan teman asramanya, yaitu Moskovitz. Bersama dengannya, dia mulai mempublikasikan Facebook ke Stanford, New York, Columbia, dll yang kesemuanya memiliki hubuungan sosial yang erat dengan Harvard.

Agen Poker

Melihat peluang yang besar akan berkembangnya Facebook sebagai aplikasi yang akan merajai dunia mmedia sosial, Zuckerberg pindah ke Palo Altoo, California dan bersama temannya membuat kantor kecil disana.

Adapun Piter Thiel adalah orang pertama yang mau berinvestasi ke Facebook yang membuat mereka resmi memiliki kantor pertamanya di pertengahan 2004. Telah banyak perusahaan besar yang ingin membeli Facebook, namun telah banyak yang dia tolak.

Alasannya simpel, bukan hanya uang yang menjadi petimbangannya, melainkan kontribusinya dalam membantu orang banyak dalam melakukan komunikasi yang mudah dengan setiap orang. Serta niatnya dalam membuat keterbukaan dunia membuatnya sangat yakin untuk melanjutkan Facebook, bahkan harus menginggalkan kuliahnya.

Zuckerberg dalam laporan perusahaannya menyebutkan bahwa terhitung tanggal 21 juli 2010, Facebook telah mencapai 500 juta pengguna dan berpotensi akan terus meningkat. Penghasilannya tidak lain adalah dari iklan yang terdapat di Facebook yang sangat banyak permintaannya. Bayangkan saja Dengan hanya menyisihkan 10% halaman di Facebook untuk iklan, Zuckerberg mengakui bisa menghasilkan cukup uang untuk menjalankan perusahaannya.

Dengan karyanya ini Zuckerberg menjadi miliarder termuda pada tahun 2008 dengan nilai kekayaan mencapai $17,5 miliar pada tahun 2011 dan kemungkinan akan terus meningkat. Dan pada tahun 2010 dia juga terpilih sebagai Person of The Year majalah Times yang sangat bergengsi. Benar-benar sosok muda yang sangat menginspirasi.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *