Fakta dan Manfaat Unik Dibalik Pedasnya Cabai

Apakah kamu tergolong orang pecinta masakan pedas? Ya masakan yang memiliki rasa pedas memang menggugah selera. Banyak orang percaya bahwa makanan yang pedas mampu menghilangkan stress yang sedang melanda.

Namun, ada juga sebagian orang yang menganggap makanan pedas adalah sumber terciptanya sakit perut sehingga mereka cenderung menghindarinya. Rasa peda pada suatu masakan berasal dari penggunaan cabai sebagai bumbu pelengkap masakannya.

q 146

Cabai- cabai tersebut dapat beragam seperti cabai rawit dan cabai merah. Semakin banyak cabai yang digunakan maka semakin pedas pula hasil masakan yang akan diperolehnya nanti. Selain itu jenis cabai juga sangat beragam dan memiliki tingkat kepedasannya tersendiri.

Namun, tahukan kamu dibalik rasa pedas tersebut terdapat manfaat yang mungkin jarang orang ketahui.

Manfaat cabai sebenarnya cukup banyak dan sering tidak kita sadari. Cabai yang biasanya dijadikan sebagai penambah rasa pedas ternyata memiliki khasiat unik didalammnya.

Sebagai contoh makanan cemilan gorengan yang mungkin sering kita konsumsi setiap harinya memang memiliki rasa yang lezat dan biasanya teman untuk menemani makan gorengan tersebut adalah dengan menggunakan cabai rawit.

Gorengan merupakan salah satu sumber kolesterol yang akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, namun dengan menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi cabai rawit tersebut ternyata mampu membakar kalori sehingga jumlah kolesterol yang masuk kedalam tubuh dapat berkurang.

Selain itu ternyata cabai dapat meningkatkan nafsu makan seseorang karena di dalam cabai tersebut terdapat zat capsaicin yang mampu merangsang hormone endorphin, maka tak heran seseorang yang sedang mengkonsumsi makanan pedas mampu menambah porsi makannya.

Dalam hal kesehatan ternyata cabai juga memiliki beberapa manfaat seperti dapat mengurangi terjadinya resiko terkena kanker, stroke, penyumbatan pembuluh darah, dan jantung koroner.

Tentu keempat penyakit tersebut merupakan penyakit yang ditakuti oleh banyak orang karena sangat berbahaya. Selain itu bagi pasangan suami istri yang bermasalah dengan kesuburannya mungkin dengan mengkonsumsi cabai dapat menjadi salah satu alternatif sebagi solusinya.

Cabai mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu mencegah dan mengobati seseorang yang sedang terkena sariawan. Mungkin pada awalnya apabila bagian mulut yang sedang sariawan terkena makanan yang pedas akan terasa sangat perih namun, setelah itu sariawan akan sembuh dan hilang dengan cepat.

Baca Artikel Lainnya :

Cabai juga kaya akan kandungan antioksidan dan betakaroten sehingga tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Oleh sebab itu ternyata makan masakan yang memiliki rasa pedas bukan hanya menimbulkan dampak yang tidak baik asalkan mengkonsumsinya dengan kadar atau jumlah yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *