Fakta-fakta Mengenai Siklus Krebs

Pernahkah Anda memikirkan bahwa ternyata manusia tak ubahnya dengan sebuah mesin, hanya bisa berjalan atau melakukan aktivitas setelah diberikan tenaga. Lalu darimanakah asalnya tenaga tersebut, apakah berasal dari bahan bakar atau listrik.

fu 104

Hal inilah yang baru membedakan antara mesin dengan manusia, manusia tersusun atassel yang semuanya dapat menghasilkan tenaga sendiri dalam mencukupi kebutuhannya, salah satunya melalui proses yang dinamakan sebagai respirasi sel. Beberapa mungkin sudah sering mendengar cabang ilmu biologi molekuler yang satu ini.

Respirasi memang cukup erat kaitannya dengan metabolusme, yaitu suatu proses untuk memecah molekul makanan dalam bentuk yang lebih kecil dan bisa digunakan dalam proses kimia hingga nanti menghasilkan suatu bentuk nyata menjadi energi yang digunakan untuk kepentingan sehari-hari.

Setidaknya ada 3 tahapan dasar yang perlu diketahui mengenai proses yang satu ini, yaitu memulainya dari glikolisis kemudian dilanjutkan pada siklus krebs dan tarspor elektron. Ketiga proses ini semuanya berhubungan dengan cabang ilmu kimia sehingga juga dikenal dengan nama biokimia.

Pada pembahasan kali ini kita akan melihat lebih jauh mengenai siklus krebs, sebuah reaksi yang ditemukan pertama kali oleh Hans kreb, selain dikenal dengan nama siklus krebs ternyata juga sering disebut sebagai siklus asam sitrat hal ini sudah mulai dikenal sejak tahun 1973, sedikit melihat mengenai fakta di balik siklus ini:

  1. Memiliki cukup banyak nama, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa dibandingkan dengan 2 siklus lainnya nama siklus krebs jauh lebih banyak, dia juga dikenal sebagai siklus asam sitrat dan juga siklus sam trikarboksilat.
  2. Termasuk ke dalam respirasi seluler yang mutlak membutuhkan oksigen, proses kimia dari siklus ini hanya bisa dijalankan jika ada peran oksigen di dalamnya, tanpa oksigen reaksi respirasi akan berhenti di sitoplasma tanpa masuk dalam mitokondria.
  3. Tempat terjadinya siklus krebs sama dengan transportasi elektron yaitu berlokasi pada sebuah organel sel yang bernama mitokondria. Berbeda dengan glikolisis yang terjadi dalam sitoplasma atau bagian terluar sebuah sel.
  4. Sebelum ditemukan pada tahun 1973 para ilmuan percaya akan adanya respirasi anaerobik dibandingkan aerobik karena energi bisa diciptakan dengan sendirinya tanpa melalui serangkaian reaksi yang ada di dalam tubuh.
  5. Eksperimen pertama dilakukan menggunakan jaringan hewan, diantaranya adalah otot payudara merpati untuk menguji apakah sebenarnya energi bisa didapatkan secara anaerob atau aerobik dengan oksigen.
  6. Dinamakan sebagai siklus asam sitrat karena pada saat ini krebs menemukan fakta bahwa ternyata asam ini bisa dijadikan sebagai katalis, sedangkan untuk penelitian sejenis yang dilakukan oleh ilmuan yang berbeda juga mengungkapkan hal yang sama.
  7. Karya ini membantu mengungkapkan bagaimana sebuah sel ternyata sangat menakjubkan karena dapat membantu menciptakan energi sendiri, meskipun dengan ukuran yang kecil, namun karena susunan sel manusia berjuta-juta hasilnya bisa sangat menakjubkan.
  8. Pada tahun 1953 penemuan menakjubkan mengenai siklus krebs ini mendapatkan sebuah nobel dalam bidang dan juga kedokteran, namanya juga mulai terkenal dan dijadikan sebagai salah satu istilah lain siklus asam sitrat tersebut.
  9. Meskipun telah menemukan apa itu siklus krebs dan prosesnya ternyata masih ada misteri lain terkait dengan fosfolirasi oksidatif, sampai pada tahun 1937 Helman Kalckar berhasil mengungkap apa itu ATP untuk respitasi seluler.

Banyak bukan hal yang mungkin belum kamu ketahui mengenai siklus krebs tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *