Fakta Mengejutkan Mengenai Hewan Semut

Fakta Mengejutkan Mengenai Hewan Semut – Kamu pernah melihat semut? Ya hewan ini memang sering kita temukan dalam kehidupan sehari- hari terutama saat ada sisa makanan yang jatuh ke lantai.

Biasanya terkadang semut tersebut tidak diketahui darimana datangnya dan datang berbondong- bondong mengangkut sisa makanan tersebut untuk kemudian disimpan di dalam sarangnya.

semut

Semut biasanya akan datang dengan cepat bila ada sisa makanan yang memiliki rasa manis namun terkadang mereka juga mengerumini makanan yang meski telah kita simpan dengan baik.

Hal tersebut membuat kita merasa terganggu bahkan terkadang semut- semut tersebut juga tak segan menyerang dan menggigit manusia sehingga menyebabkan rasa gatal.

Terdapat berbagai jenis semut yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari- hari. Mulai dari semut yang berwarna hitam dan merah juga dari berbagai ukuran mulai dari semut kecil dan semut yang berukuran besar.

Semut yang banyak ditakuti adalah semut yang berukuran besar karena mereka sering menggigit manusia bila keberadaannya merasa terancam dan dari gigitannya tersebut meninggalkan rasa sakit bahkan hingga mengakibatkan bengkak.semuat biasanya membuat sarang di tempat yang gelap dan rumah.

Habitat asli semut-semut tersebut sebenarnya di dalam tanah pada bagian hampir dipermukaannya. Namun, terkadang semut- semut tersebut juga banyak yang membuat sarang pada kayu dan tembok rumah kita atau tempat apapun yang sulit terjangkau oleh kita.

Dalam dunia hewan, keberadaan dan jumlah semut hampir mendominasi dan merupakan hewan dengan populasi terbanyak dibumi. Hampir terdapat 10% dari seluruh hewan di dunia merupakan semut.

Dalam kehidupannya, semut hidup secara berkemlompok atau berkoloni dengan membuat seperti sistem kerajaan dalam kehidupannya. Sama seperti lebah dan rayap, dalam dunia semut juga terdapat kasta-kasta atau posisi yang memiliki tugasnya masing-masing.

Terdapat 3 kasta dalam dunia semut yaitu semut pekerja, semut prajurit, dan juga semur ratu. Semut pekerja merupakan semut yang berjumlah paling banyak didalam koloninya tersebut.

Mereka bertugas untuk membuat sarang dan mencari makanan untuk kemudian dibawa ke dalam sarang mereka. Semut pekerja memiliki umur hidup yang relati lebih singkat dibandingkan dengan kasta semut yang lainnya.

Kasta semut pekerja merupakan kasta yang bertugas untuk memepertahankan sarang dan ratu semut mereka dari ancaman musuh lainnya yang hendak mengambil sarang dan juga mengambil persediaan makan mereka.

Biasanya musuh semut tersebut adalah rayap dan sering terjadi peperangan diantara keduanya. Selain itu semut prajurit ini juga merupakan semut yang bertugas mengawal para semut pekerja ketika menganggut makanan.

Biasanya semut prajurit tersebut akan menyebarkan informasi melalui suatu sinyal kepada semut lainnya sehingga mereka akan datang secara bersamaan dan mengangkut makanan tersebut secara bersama-sama.

Sedangkan ratu semut bertugas untuk melakaukan perkawinan dengan semut jantan dan menghasilkan anak- anak semut nantinya.

Semut dikenal sebagai hewan yang cerdas dan juga sangat menjaga kekompakan serta kerja sama antara kelompoknya. Hal ini dikarenakan semut memiliki ukuran otak yang lebih besar dibandingkan dengan tubuhnya.

Baca Artikel Lainnya :

Ketika kita sering melihat semut yang bertemu dan menempelkan antenna antara semut satu dan semut lainnnya hal ini menandakan bahawa semut – semut tersebut sedang melakukan komunikasi melaui sensor atau sinyal yang masing- masing mereka miliki. Sungguh hewan yang patut kita contoh.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *