Fakta Tentang Nasi Yang Didiamkan Semalam Untuk Orang Diabetes

Fakta Tentang Nasi Yang Didiamkan Semalam Untuk Orang Diabetes – Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Beberapa orang pasti mengatakan bahwa belum makan namanya bila belum makan nasi.

Untitled

Hal itu bisa ada benarnya juga karena kita hidup di Negara dengan mata pencaharian petani. Sehingga padi dan beras sangat melimpah dinegeri ini. Mungkin orang tua atau buyut anda pernah berkata bahwa nasi yang sudah didiamkan semalam kadar gulanya akan berkurang dan aman bagi mereka.

Nasi yang telah didiamkan selama semalam memang rasanya tak lagi manis dan teksturnya lebih keras. Tapi tahukah anda,ternyata hal itu salah.

Menurut Studi di Nigeria dan Malaysia dalam Malaysian Journal Of Nutrition dan Nutrition Food Science menunjukan, bahwa nasi yang didiamkan semalam tidak menyebabkan proses apapun yang dapat membuat nasi lebih sehat bagi para pengidap diabetes. Hal itu juga dikutip dari Buku Fakta! 101 Mitos Kesehatan.

Penelitian lain dalam Journal Of Nutrition College yang berkata bahwa nasi yang disimpan dalam suhu tinggi akan memiliki pati resisten yang lebih banyak disbanding nasi yang baru dimasak. Itu juga dapat menurunkan kadar nilai indeks glikemik yaitu ukuran seberapa cepat dan tinggi suatu makanan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Meski demikian,penelitian prediabetes menunjukan bahwa asupan nasi yang didiamkan semalaman tidak menurunkan kadar gula postprandial. Sampai saat ini pun peneliti dan ahli gizi dari seluruh dunia masih melakukan penelitian apakah nasi yang dibiarkan semalam baik untuk penderita diabetes atau tidak.

Walaupun anda telah mengurangi konsumsi nasi,tapi anda selalu minum atau makan-makanan lain yang mengandung gula yang lebih tinggi, itu malah meningkatkan resiko diabetes.

Baca Artikel Lainnya :

Lebih disarankan bagi anda yang khawatir nasi putih, anda bisa mencoba alternative lain seperti nasi merah atau gandum sebagai gantinya. Kedua alternative itu juga mampu membuat anda kenyang lebih lama serta memiliki kandungan gizi yang lebih banyak disbanding nasi putih.

Itulah fakta mengenai nasi putih yang bisa anda ketahui. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan manis supaya badan tetap bugar dan sehat. Semoga sehat selalu.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *