Fakta Tentang Pulau Satonda : Wisata Penuh Dengan Misteri

Satonda adalah sebuah nama pulau yang berada di bagian barat Gunung Tambora Nusa Tenggara Barat. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar d wilayah Negara Republik Indonesia dan masuk dalam wilayah Kabupaten Dompu NTB.

Menurut sejarah, Pulau Satonda terbentuk dari letusan Gunung Tambora pada tahun 1815 silam. Letusan Gunung maha dahsyat yang berupa vulkanik mengendap dan membentuk sebuah pulau dan sekarang di beri nama Pulau Satonda.

s 193

Pulau Satonda adalah sebuah pulau kecil namun sangat cantik dan mempesona. Meskipun banyak mitos dan legenda yang penuh misteri disana, namun tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk datang.

Hampir setiap hari banyak wisatawan yang datang ke Pulau Satonda baik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan dan keunikan dari Pulau Satonda.

Dibalik kabut misteri yang terdapat di Pulau Satonda, ada berbagai fakta menarik yang bisa dipelajari dan dicermati. Fakta-fakta tersebut adalah :

  1. Danau Asin Ditengah Pulau Satonda

Danau Satonda atau yang dikenal masyarakat sekitar dengan nama Danau Matitoi adalah sebuah danau yang berada di tengah-tengah Pulau Satonda. Terletak di ketinggian 300 meter dari permukaan laut dengan luas sekitar 3 x 2 km.

Keunikan dari danau ini adalah airnya yang berasa asin seperti air laut sehingga terkadang disebut dengan miniatur laut. Kandungan garam di Danau Satonda menurut penelitian mencapai 33 persen. Kandungan garam setinggi itu sama dengan kandungan garam di Laut Mati sehingga tidak ada makhluk hidup yang bisa hidup disana.

  1. Batu Gantung di Ranting Pohon

Salah satu misteri dan keunikan di Pulau Satonda adalah adanya batu karang yang bergantungan di ranting pohon. Konon menurut kepercayaan disana, siapapun yang menggantungkan batu di tepi Danau Satonda, keinginannya akan terlaksana.

Tidak jelas siapa yang memulai kepercayaan ini, namun sekarang ini banyak orang yang menggantungkan batu disana dengan tujuan supaya keinginannya bisa terlaksana. Apabila suatu saat keinginan tersebut terwujud, orang tersebut harus kembali ke Pulau Satonda dan menyembelih hewan sebagai rasa syukur.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Perpaduan Alam Nan Sempurna

Di Pulau Satonda terdapat berbagai spesies burung langka yang tidak bisa ditemui di tempat lain. Disamping itu keindahan alamnya yang asri dan alami benar-benar mempesona. Sebuah perpaduan alam yang sempurna berbumbu misteri dan sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *