Fakta Unik dan Menarik Tentang Hidung

Sebagai salah satu indera, hidung menjadi sangat penting bagi manusia. Hidung adalah salah satu organ yang sensitif yang dimiliki manusia.

Tidak hanya untuk mencium dan sebagai alat pernapasan, ternyata hidung memiliki fungsi yang lebih jika kita dapat melatihnya. Hidung dapat membuat jatuh cinta dan mencium tanda bahaya yang dapat mengancamnya.

s 165

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang hidung :

  1. Sepanjang manusia hidup, rambut hidung data tumbuh hingga 2 meter.
  2. Rata-rata pria memiliki panjang hidung 5.8 cm dengan tinggi 2.6 cm, sedangkan wanita memiliki panjang hidung 5.1 cm dengan tinggi 2.2 cm.
  3. Pemotongan hidung dan telinga menjadi hukuman bagi para penzina di Inggris pada abad ke-11.
  4. Pada tahun 2008, seorang pembuat anggur asal Belanda, Ilja Gort, mengasuransikan hidungnya sekitar 5 jt euro atau jika dirupiahkan menjadi Rp 70 miliar.
  5. Philtrum adalah alur dari tengah bibir atas kehidung yang berfungsi untuk menyalurkan uap air ke ujung hidung agar ujung hidung tetap lembab.
  6. Ujung hidung (rhinarium) selalu lembab dan akan membantu menangkap bebauan di sekitar.
  7. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kedua lubang hidung memiliki keterkaitan sehingga ketika kita belajar mengenali bau menggunakan lubang hidung yang kanan, maka ketika kita mencium menggunakan lubang hidung yang satunya, bau tersebut akan dikenali.
  8. Berdasarkan penelitian di Universitas Rockefeller, New York, hidung dapat mengenali satu triliun aroma yang berbeda.
  9. Peneliti di Universitas Utrecht, Belanda, menunjukkan bahwa manusia dapat mendeteksi emosi melalui hidung. Contohnya manusia dapat merasa jijik bila mencium bau keringat.
  10. Aroma bayi yang baru lahir dapat memicu pusat kesenangan otak dan merangsang otak memproduksi dopamine sehingga kita akan merasa ketagihan (adiktif).
  11. Menurun penelitian, gaya bersin adalah sesuatu yang sifatnya genetik, turun temurun.
  12. Kecepatan bersin yang kuat dapat lebih dari 150 km/jam dan semprotan bersin dapat pergi sejauh 5 m.
  13. Walaupun menjijikan, lendir yang melapisi rongga hidung berfungsi untuk melindungi dari berbagai infeksi dan alergi.
  14. Seiring bertambahnya usia, indera penciuman akan semakin lemah.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *