Fakta Unik dan Sejarah Cincin Tunangan

Cincin tunangan, benda yang satu ini memang sering dijadikan sebagai lambang 2 insan di dalam ikatan pertunangan. Ternyata di seluruh dunia ada banyak fakta unik dan menarik seputar cincin pertunangan yang patut untuk Anda ketahui seperti di bawah ini.

d 13

  • Cincin tunangan berada di jari manis kiri

Inggris, Amerika, Kanada dan Prancis menempatkan cincin tunangan pada jari manis tangan kiri. Hal ini dipercayai sebab jari tersebut tempat saraf yang terhubung langsung dengan hati. Sementara Norwegia, India dan Jerman mengenakannya di jari tangan kanan.

  • Sejarah acara pertunangan dengan mengenakan cincin

Setelah pecah Perang Dunia II, kaum pria populer melewati 2 macam upacara yaitu upacara pertunangan dan upacara pernikahan. Dalam kedua acara tersebut, para pria diwajibkan mengenakan cincin.

Konon, kebiasaan tersebut berawal pada zaman dahulu para pria yang akan berangkat ke medan perang harus mengikat kekasihnya menggunakan cincin, dengan begitu setelah pulang dari perang mereka bisa segera menikah.

  • Cincin bukan simbol ikatan dan cinta

Dahulu cincin kawin dan tunangan bukan simbol ikatan maupun cinta. Melainkan lebih sebagai simbol bahwa mempelai pria telah mapan secara sosial.

  • Hindu tidak mewajibkan cincin dikenakan di jari tangan

Berdasarkan tradisi Hindu, baik cincin kawin maupun tunangan tidak harus dikenakan oleh jari tangan. Dalam tradisi bichiya, dilakukan pemasangan cincin pada jari kaki sebagai lambang dari pertunangan.

  • Claddagh” merupakan cincin tradisional Irlandia

Claddagh umumnya digunakan sebagai cincin kawin, cincin pertunangan atau cincin persahabatan yang berasal dari Irlandia. Bedanya, desain cincin ini berbeda-beda yang menentukan tingkat hubungan kedua orang yang mengenakannya. Claddagh pertama kali dibuat di abad ke-17.

Baca Artikel Lainnya :

Berdasarkan tradisi Amerika, cincin pertunangan didesain dengan batu permata berukuran jauh lebih kecil dibandingkan dengan cincin kawin. Sehingga keduanya terlihat berbeda.

  • Jika tunangan gagal cincin boleh diminta kembali

Ketika pertunangan gagal, maka cincin pertunangan boleh diambil kembali. Tradisi semacam ini berlaku di Amerika. Sementara Inggris berlaku tradisi yang sebaliknya. Terlebih ketika salah satu pihak memiliki inisiatif mengajak putus.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *