Fakta Unik di Balik Santa Claus

Fakta Unik di Balik Santa Claus – Sosok yang sering dipanggil Santa ini sering kita dengar terlebih saat Natal menjelang.

Image Santa sering dianggap sebagai seorang malaikat atau peri yang mengabulkan do’a atau permohonan setiap anak kemudian memberikan hadiah kepada mereka.

rusia

Namun tahukah Anda bahwa image Santa Claus yang Anda kenal saat ini sebenarnya tidak semuanya benar? Berikut ini saya sajikan beberapa fakta unik di balik Santa Claus yang perlu Anda ketahui,

#1 Sosok asli Santa Claus ada 2 versi

Siapa sebenarnya sosok asli Santa? Dari berbagai literatur, disebutkan bahwa Santa sebenarnya adalah seorang berkebangsaan Turki bernama Santo Nicholas.

Jadi, sebenarnya sosok Santa Claus sendiri hanya dongeng yang terinspirasi dari kisah Santo Nicholas ini.

Menurut banyak sumber, Santo Nicholas lahir di Damre, dan hidup pada tahun 280 Masehi. Disebutkan juga, ayahnya adalah seorang keturunan Arab. Daerah tempat tinggalnya juga dihuni oleh masyarakat yang kebanyakan beragama islam.

Namun, ada versi kedua yang menyebutkan bahwa Santo Nicholas tinggal di Myra dan hidup sekitar abad keempat masehi.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya kisah Santa Claus memang berbeda dari setiap daerah dan negara. Kisah yang dikenal di Amerika berbeda dengan yang diceritakan di Jerman, Belanda, Inggris dan sebagainya.

#2 Tubuh asli Santa ternyata kurus

Berbeda dengan image Santa Claus yang kita kenal sekarang, representasi Santa sebenarnya adalah orang yang bertubuh kurus dan berbadan tegap.

Ia juga selalu membawa kebahagiaan bagi penduduk kotanya, meski mayoritas penduduknya adalah muslim.

Kisah Santa Claus modern yang kita kenal sekarang sebenarnya adalah adaptasi dari novel yang ditulis oleh Charles Dickens dengan judul A Christmas Carol.

#3 Santa Claus disebut-sebut sebagai ajang promosi Coca-Cola

Yap, ada yang menyebutkan bahwa sosok Santa Claus adalah satu bentuk promosi. Karakter Santa ini didesain oleh Haddon Sundblom, seorang pelukis yang diminta untuk menggambarkan karakter Santa.

Namun, justru Santa yang dilukiskan sebagai kakek berjenggot putih dengan jubah merah dan membawa hadiah inilah yang lebih melekat di benak masyarakat sekarang. Saya rasa inilah hebatnya media promosi.

#4 Nama Santa sudah dihapuskan dari daftar orang suci di Vatikan

Vatikan meragukan kisah Santa Klaus sebab ada berbagai versi dan dongeng tentang Santa yang tentunya memiliki perbedaan satu sama lain.

Sehingga Paus menghapus namanya dari daftar orang suci di agama Kristiani, namun ia memberi kebebasan pada semua orang yang masih ingin menganggap Santa sebagai orang suci.

Baca Artikel Lainnya :

Bahkan, Paus Paulus VI memerintahkan agar sisa jenazah Santa dipindahkan ke Amerika saja agar image-nya segera pudar. Dan akhirnya sekitar tahun 1972, sisa jenazahnya sudah dipindahkan di gereja Saint Nicholas, Amerika.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *