Fakta Unik Hewan Belalang Sembah

Fakta Unik Hewan Belalang Sembah – Belalang merupakan salah satu serangga yang keberadaannya sering kita temukan dalam kehidupan sehari- hari. Hewan ini biasanya hidup di tumbuhan sekitar dan memakan daun untuk mempertahankan hidupnya.

Untitled

Belalang dikenal memiliki bentuk tubuh yang unik dan juga warna tubuh yang sama dengan tumbuhan yang sedang ia hinggapi sehingga banyak orang yang terkecoh dan tidak menyadari keberadaannya dan serangga tersebut dikategorikann sebagai serangga yang sangat pandai untuk menyamar. Kemampuan belalang untuk menyerupai atau menyamar menjadi bentuk dan warna yang sama dengan tumbuhan dimaksudkan untuk melindungi dirinya dari serangan musuh atau predator.

Di alam sebenarnya terdapat banyak jenis belalang dengan bentuk dan warna yang beragam hanya saja yang sangat terkenal karena jumlahnya yang sangat banyak adalah jenis serangga sembah. Belalang sembah terdiri dari hampir 2000 spesies di alam bebas yang tersebar di seluruh dunia. Serangga ini memiliki bentuk tubuh yang panjang dan umumnya berwarna hijau sehingga sangat menyeruoai batang tumbuhan.

Serangga ini memiliki tangan yang lebih panjang dari kakinya yang berfungsi untuk meloncak saat ia akan melakukan gerakan untuk berpindah dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Selain itu pada bagian tangan belalang ditumbuhi seperti duri yang berguna untuk melawan musuh saat dirinya terancam selain itu bentuk mulutnya juga merupakan tipe perobek karena memang serangga tersebut memakan daun tumbuhan yang ia robek untuk kemudian dikunyah dan masuk ke dalam tubuhnya.

Selain daun belalang sembah juga terkadang memangsa hewan kecil lainnya sehingga serangga ini juga dapat dikategorikan sebagai predator hanya saja belalang sembah tersebut tidak memakan semua anggota tubuh mangsanya dan biasanya akan disisakan kaki, sayap, atau bagian tubuh lainnya dari mangsanya tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Keunikan lain dari belalang sembah yaitu ternyata ia dapat memutar kepalanya hingga 1800, hal ini berperan untuk ia dapat lebih mudah dan tajam dalam melihat mangsanya dan juga melindungi dirinya dari adanya musuh. Selain itu serangga bertubuh keras ini juag ternyata memiliki 3 pasang kaki yaitu dua pada bagian belakang yang berguna untuk berjalan dan satu pasang kaki pada bagian depan tubuhnya yang berguna untuk menangkap mangsanya tersebut.

Biasanya banyak serangga yang dianggap sebagai hama dalam bidang pertanian, namun berbeda dengan hewan serangga belalang sembah ini. Hewan tersebut ternyata bukanlah hama dan justru sangat membantu dan menguntungkan petani karena belalang tersebut akan memangsa serangga kecil lainnya yang menjadi hama bagi tanaman pertanian. Oleh sebab itu keberadaan belalang sembah di lahan tersebut sangatlah bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *