Fakta Unik Hewan Melata, Tokek

Fakta Unik Hewan Melata, Tokek – Kamu tentu pernah mendengar suara yang berbunyi “tokek” di salah satu sudut ruangan tempat kmu tinggal? Ya suara tersebut memang berasal dari hewan yang bernama tokek atau gecko karena sesuai dengan suara yang dikeluarkannya tersebut.

Untitled

Gecko atau tokek merupakan sejenis hewan melata atau reptile yang hampir serupa dengan cicak hanya saja tokek tersebut memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan juga terdapat corak pada tubuhnya.

Awal mula ditemukannya hewan jenis ini yaitu di Asia Selatan dan Asia Tenggara bahkan kini tokek tersebut mulai menyebar hampir di semua bagian belahan dunia. Hewan tokek kini keberadaannya banyak dicari oleh orang terutama oleh para pecinta hewan reptile sebagai hewan peliharaan.

Tokek memang memiliki corak tubuh dengan warna yang unik dan menarik. Semakin unik corak dan warna kulit tokek maka akan semakin banyak dicari dan digemari untuk di buru sebagai hewan peliharaan begitu pula dengan ukuran tubuhnya.

Tokek merupakan hewan nocturnal atau hewan yang biasanya melakukan aktivitas pada malam hari untuk mencari mangsa sebagai makanannya. Namun, tidak semua jenis tokek termasuk hewan nocturnal karena ada juga tokek yang tetap aktif pada siang hari.

Suara yang sering dikeluarkan oleh tokek merupakan cara tokek untuk berkomunikasi dengan hewan tokek lainnya dan tentu juga sebagai daya penarik lawan jenisnya untuk melakukan perkawinan. Selainj itu hewan tokek juga dikenal sebagai hewan yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Bahkan beberapa ekor tokek mampu mengklamufasekan warna tubuhnya menjadi seperti lingkungan sekitarnya sehingga hewan yang hendak memangsanya akan sulit mengenali.

Sama seperti hewan cicak, tokek juga memiliki kemampuan untuk memotong atau melepaskan ekornya ketika nyawanya sedang terancam oleh hewan predator atau musuh. Ekor yang dilepaskannya tersebut akan mengelabui musuh dan tokek akan melarikan diri ke tampat yang aman.

Tak perlu waktu lama, ekor tokek tersebut akan kembali tumbuh dengan sendirinya. Tokek bertahan hidup dengan memakan serangga ataupun hewan kecil lainnya. Di habitat aslinya tokek biasanya hidup dan menetap di atas dahan pohon namun kini keberadaan tokek mulai banyak yang tinggal di atap- atap rumah warga.

Keberadaan tokek sebenarnya tidak menggangu justru hewan tersebut membantu mengurangi keberadaan nyamuk dan lalat yang kerap berada dirumah. Kini selain sebagai hewan peliharaan, tokek juga ternyata memiliki khasiat sebagai obat tradisional yang ternyata telah dikenal sejak dahulu oleh kebudayaan Cina.

Karena hal tersebut, hewan tokek juga banyak diburu untuk kemudian dijual sebagai bahan baku obat yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti yang terkenal adalah penyakit kulit.

Baca Artikel Unik :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *