Fakta Unik Hewan Mengerat, Tupai

Fakta Unik Hewan Mengerat, Tupai – Tupai merupakan salah satu hewan yang dianggap menggemaskan bagi banyak orang.

Selain memiliki ukuran tubuh yang mungil juga muka yang lucu, tingkah lakunya juga ternyata sangatlah unik maka tak heran banyak orang yang ingin memeliharanya dan juga hewan ini banyak dijadikan ikon atau symbol dari benda atau barang yang sering kita gunakan sehari- hari.

Untitled

Tupai merupakan hewan mamalia yaitu mampu berkembang biak dengan cara melahirkan dan memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya.

Tupai banyak hidup dihutan dengan membuat sarang pada batang- batang pohon yang tinggi. Untuk mencukupi hidupnya, hewan berbulu ini mencari makan dari pohon satu ke pohon yang lainnya dengan cara berlari dan melompat.

Tupai mampu berlari dengan cepat dan melompat dengan jarak yang jauh. Makanan dari hewan ini berupa biji- bjian dan buah atau tanaman yang ada dilingkungan sekitar bahkan juga terkadang tupai ini memakan telur dari burung yang biasanya ditinggalkan induknya di dalam sarang saat burung tersebut mencari mangsa.

Selain kemampuannya melompat dan berlari, ciri khas lainnya yaitu keberadaan ekornya yang berbulu halus dan panjang. Saat melompat, bulu tersebut akan terurai sehingga membuat hewan tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Dalam berkembang biak, biasanya tupai melakukan dua kali perkawinan yaitu saat musim semi dan saat akhir musim panas. Dalam setiap kali perkawinan biasanya tupai betina mampu melahirkan anak dua hingga lima ekor hewan tupai kecil setiap perkawinan.

Tupai kecil yang baru dilahirkan memiliki bulu yang sangat tipis dan seiring berkembangnya waktu bulu- bulu pada anak tupai akan mulai rontok dan digantikan dengan bulu yang baru dan tebal. Bulu tupai yang awal mula berwarna kehitaman akan berubah menjadi warna coklat.

Selain itu terdapat keunikan lain dari hewan yang menggemaskan ini yaitu tupai sangat dikenal memiliki gigi yang sangat kuat. Giginya mampu digunakan untuk menggigit biji- bijian yang sangat keras bahkan membuka cangkang dari buah yang kemudian akan di ambil bijinya.

Selain itu tupai tersebut sadar akan kegunaan gigi yang dimilikinya sehingga hewan ini akan merawat gigi yang dimilikinya agar tetap sehat dan kuat. Tupai melakukan penyikatan gigi selayaknya yang dilakukan oleh manusia.

Baca Artikel Lainnya :

Mereka akan membersihkan giginya setiap pagi dari sisa- sisa makanan yang ada di mulutnya yaitu dengan menggunakan ranting pohon. Tupai juga dikenala sebagai hewan yang sering menimbun makanan pada sarangnya untuk kemudian disimpan sebagai persediaan musim dingin.

Bahkan tupai juga menimbun makanan di dalam mulutnya yaitu pada bagian pipi untuk disimpannya dan dibawa kedalam sarang untuk kemudian diberikan pada anak- anaknya atau ia makan kembali nanti.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Fakta Unik Hewan Mengerat, Tupai

  1. Pusat motor

    Tupai itu bisa juga obat bagi yg menderita diabetes ..unik ya tupai samapai2 ada pepatah tentangnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *