Fakta Unik Hewan Ular Anaconda

Fakta Unik Hewan Ular Anaconda – Ular merupakan jenis hewan reptit  yang keberadaannya sering dianggap sebagai hewan yang menakutkan. Banyak orang yang merasa takut dan geli ketika bertemu dengan hewan yang melata tersebut.

Untitled

Banyak juga orang yang senang dan memelihara ular sebagai hobinya. Ular memang memiliki beragam jenis dengan warna dan corak kulit yang memiliki ciri-cirinya masing- masing. Ukutran ularpun sangat beragam mulai dari yang kecil hingga berukuran raksasa yang salah satunya seperti ular Anaconda.

Ular Anaconda merupakan sekelompok ular besar yang awal penemuannya berada di daerah tropis seperti Amerika Selatan. Ular tersebut dikatakan sebagai ular raksasa karena memang memiliki ukuran tubuh yang berbeda dengan jenis ular pada umumnya. Anaconda dapat memiliki panjang tubuh hingga 30 kaki atau sekitar 9 meter dan bobot ular tersebut dapat mencapai 450 pon atau sekitar 205 kilogram.

Baca Juga :

Bentuk fisik Anaconda umunya sama seperti ular lainnya hanya saja yang membedakan adalah ukuran tubuhnya. Anaconda memiliki corak pada kulitnya yang umumnya berwarna kecoklatan, kekuningan, dan kehijauan. Habitat asli ular Anaconda biasanya berada di rawa- rawa atau sungai karena merupakan ular yang juga dapat berenang.

Makanan Anaconda dapat berupa hewan apa saja yang ada disekitarnya seperti ikan, burung, dan hewan lainnya. Bahkan beberapa kasus diketahui bahwa Anaconda juga dapat memakan manusia bila ular tersebut berada pada keadaan terancam dan sedang lapar.

Saat memburu mangsanya ular tersebut akan bergerak secara diam- diam dan tiba tiba akan menggigit mangsanya dan kemudian meliliytkan tubuhnya dengan menggunakan tenaga yang sangat kuat.

Tubuh Anaconda yang sebagian besar berupa otot mampu membuat tulang tubuh mangsanya menjadi remuk dan lunak. Setelah mangsanya lemas dan mati maka ular raksasa tersebut akan menelannya secara utuh. Meski terkadang ukuran tubuh mangsanya lebih besar dibandingkan tubuh Anaconda, namun ular tersebut akan mampu memakannya karena tubuhnya yang elastis.

Anaconda akan mempertahankan dirinya dari ancaman musush dengan cara menggigit. Meski ular ini tidak berbisa namun gigitannya akan emmbuat sang musuh menjadi kesakitan.

Anaconda dapat berkembang biak dengan cara bertelur. Sama seperti kebanyakn hewan yang lainnya, ia akan menaruh telurnya pada tempat yang dirasa aman dan sekalinya bertelur ular tersebut mampu mengeluarkan telur 5 hinggga 7 butir.

Ular Anaconda ini juga termasuk ular yang memiliki umur panjang dan biasanya ular tersebut akan mati dengan sendirinya saat bertarung dengan musuh alaminya atau memang mengalami penuaan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *