Fakta Unik Manfaat Tanaman Mahoni

Fakta Unik Manfaat Tanaman Mahoni – Pohon mahoni merupakan salah satu tumbuhan yang keberadaannya sangat banyak di Indonesia. Pohon ini dapat tumbuh tinggi dengan daun yang rindang dan batang pohon yang kuat. Keadaan daun yang rindang tersebut menjadikan pohon mahonni sebagai pohon peneduh jalan.

1

Banyak orang yang menanam pohon mahoni karena budidayakan yang sangat mudah. Tumbuhan ini mampu tumbuh dan beratah hidup pada tanah yang gersang dan tidak perlu mendapatkan perawatan yang khusus sehingga cukup mudah memeliharanya. Bagi penduduk Indonesia khususnya daerah Jawa sebenarnya tumbuhan tersebut bukanlah tanaman yang baru karena sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Pohon mahoni memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Selain sebagai peneduh jalan, batang pohon yang sangat kuat ini juga digunakan sebagai bahan baku dalam membuat furniture yang memiliki kulaitas baik sehinga menghasilkan nilai ekonomis bagi pemiliknya.

Selain itu kulit dari kayu pohon mahoni juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami pakaian yang memberikan warna kuning, serta bagian getahnya dapat digunakan sebagai bahan baku lem dan daun mahoni dapat dijadikan sebagai pakan ternak.

Salah satu bagian dari pohon mahoni yang banyak dimanfaatkan yaitu pada bagian buah dan bijinya. Buah dan biji mahoni tersebut sering dimanfaatkan untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, buah mahoni mengandung flavonoid dan saponin yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang ada di dalam tubuh.

Biji dan buah mahoni memang dikenal memiliki rasa yang pahit apabila dikonsumsi untuk kesehatan. Namun dibalik rasanya yang tidak enak tersebut, buah dan biji mahoni dipercaya berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit seperti darah tinggi, gangguan gula darah, kurang nafsu makan, demam, dan juga berkhasiat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

kandungan flavonoid yang ada pada buah mahoni tersebut berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah sehingga mencegah tersumbatnya aliran darah di dalam tubuh serta mengurangi kadar lemak kolesterol. Sedangkan kandungan saponinnya berkhasiat untuk memperbaiki tingkat guka darah serta menguatkan fungsi hati dan meningkatkan imunitas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Biasanya mahoni ini dijadikan obat ramuan herbal khususnya pengobatan Cina namun kini telah banyak produk herbal yang mengandung ekstrak pohon mahoni yang dijual dipasaran.

Manfaat pohon mahoni lainnya yaitu ternyata pohon tersebut dapat mengurangi polusi udara hingga 47-69% sehingga dianggap juga sebagai pohon filter udara maka tak heran pohon ini sering ditanam dipinggir dalan selain sebagai peneduh jalan. Selain itu akar dari pohon mahoni juga dapat mengikat air hujan yang turun dan meresapkannya kedalam tanah dna menjadikan cadangan air ternyata begitu banyak ya manfaat dari pohon mahoni. Semua bangian tubuh pohonnya memiliki manfaat tersendiri.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Fakta Unik Manfaat Tanaman Mahoni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *