Fakta Unik Tentang Bunga Rafflesia Arnoldi

Indonesia dulunya pernah dijajah selama beberapa tahun oleh Inggris, namun berbeda dari negara penjajah lainnya yang hanya menguras kekayaan Indonesia, maka Inggris justru sebaliknya, ada banyak sekali hal-hal baru yang ditemukan begitu juga karya-karya terbaru, diantaranya adalah penemuan bunga rafflesia arnoldi, bunga ini merupakan bunga yang kurang lebih sama dengan bunga bangkai karena mengeluarkan aroma yang begitu menyengat, dinamakan sebagai rafflesia arnoldi karena memang ditemukan pada masa penjajahan Raffles kala itu.

1

Bunga ini merupakan bunga terbesar dan juga terberat yang ada di dunia, selain itu juga mengeluarkan aroma yang begitu menyengat, memiliki paling tidak 28 spesies tanaman bunga parasit, berbeda dengan bangkai yang memang hidup sendiri maka Rafflesia ini hidup sebagai parasit pada inangnya, bunga ini merupakan tanaman asli dari negara dikawasan Asia Tenggara atau yang hidup di iklim tropis. Nah jika anda ingin mengetahui beberapa fakta unik mengenai bunga tersebut berikut ini diantaranya:

  1. Habitat dari bunga ini adalah pada hutan tropis primer dan sekunder, biasanya paling banyak terdapat di kawasan Sumatera, Malaysia, Jawa dan Thailand.
  2. Bau menyengat yang dikeluarkan oleh bunga ini merupakan salah satu bentuk adaptasinya terhadap lingkungan, selain itu juga membantu bunga untuk menarik penyerbuk alaminya berupa lalat. Anda akan merasakan bau busuk yang lebih menyengat di pagi hari.
  3. Tak seperti bunga bangkai yang masih satu spesies dengan Rafflesia maka bunga yang satu ini hidup tanpa batang dan juga daun, bahkan tak memiliki akar. Hanya dapat terlihat ketika sudah ada tunasnya.
  4. Merupakan jenis tanaman edoparasit, yaitu tanaman yang bisa tumbuh dan hidup pada batang tanaman rambat, dia mengambil nutrisi dari tanaman tersebut untuk menunjang pertumbuhannya.
  5. Pada saat tanaman sudah dewasa maka akan menghasilkan tunas yaitu berupa benjolan-benjolan kecil pada batang inang, kuncup tersebut memakan waktu 9 sampai dengan 1 tahun untuk bisa mekar.
  6. Marga dari bunga ini diambil dari nama sir Stamford Raffles, dia merupakan pemimpin tim ekspedisi yang juga pendiri koloni Inggris di Singapura, dialah yang pertama kali menemukan bunga Rafflesia ini pada sebuah ekspedisi di tahun 1818.
  7. Nama spesiesnya sendiri diambil dari Dr James yang merupakan anggota ekspedisi hutan tropis.

Sering kali banyak yang salah mengira bahwa bunga bangkai sama dengan rafflesia arnoldi karena mengeluarkan bau yang sama busuknya, namun dari berbagai aspek ternyata dua tanaman ini sangat jauh berbeda meskipun masih satu spesies, yaitu bunga bangkai yang memang merupakan bunga hidup sendiri karena memiliki akar, batang juga daun untuk ukurannya juga berbeda karena Rafflesia merupakan bunga terbesar dan terberat yang ada di dunia.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *