Fakta Unik Tentang Kantong Plastik

Fakta Unik Tentang Kantong Plastik – Beberapa hari terakhir ini plastic tengah menjadi sorotan masyarakat. Ya., sudah pasti karena kebijakan baru yang dicanangkan pemerintah tentang penggunaan plastic baik untuk industri maupun kebutuhan sehari-hari.

eda

Saat ini plastic memang memegang peranan penting bagi manusia. Hampir semua aktifitas manusia berhubungan langsung dengan plastic. Mulai dari wadah makanan sampai lapangan pekerjaan banyak yang bergantung pada plastic.

Di balik itu semua, ternyata plastic menyimpan fakta unik yang mungkin belum diketahui oleh semua orang. penasaran fakta apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

  1. Sampah plastic susah terurai. Butuh waktu 1.000 tahun untuk membuat sampah plastic bisa berurai.
  2. Sampah plastic minim daur ulang. Hanya 1% dari jumlah keseluruhan sampah plastic yang terdaur ulang.
  3. Asap pembakaran sampah plastic berbahaya bagi tubuh. Dioksin yang dihasilkan dari pembakaran sampah plastic memicu munculnya sel kanker, hepatitis dan depresi.
  4. Jumlah sampah kantong plastic dibumi apabila dikumpulkan dalam satu tahun, jumlahnya bisa untuk mengitari bumi sebanyak 4 kali.
  5. Sebanyak 100 ribu mamalia dan 1 juta burung di laut mati karena limbah plastic yang mencemari lautan.
  6. Sebanyak 1 miliar kantong plastic digunakan penduduk bumi setiap tahunnya.
  7. Delapan persen minyak bumi dihabiskan untuk memproduksi kantong plastic setiap tahunnya. Itu setara dengan lebih dari 17 juta barel minyak bumi yang seharusnya bisa dipakai untuk bahan bakar 1 juta mobil.
  8. Usaha atau industri ritel merupakan konsumen plastic terbesar di dunia.
  9. Beberapa negara di dunia telah menetapkan kebijakan tentang penggunaan kantong palstik seperti Belgia, Denmark, Hongkong dan China.
  10. DKI Jakarta akan membatasi jumlah plastic yang beredar di masyarakat dan menetapkan kantong plastic berbayar untuk setiap penggunaan kantong plastic pada usaha ritel.

Baca Artikel Lainnya :

Nah, itulah beberapa fakta unik tentang plastic. Semoga dengan mengetahui fakta dan bahaya plastic untuk kesehatan dan keberlangsungan kehidupan, kita lebih bijak dalam menggunakan plastic untuk kebutuhan sehari-hari kita.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *