Fakta Unik Tentang Puasa

Mungkin sebagian besar dari kita hanya menjalankan puasa Ramadhan sebab memang sudah menjadi kewajiban seorang muslim. Tetapi tahukah Anda ada begitu banyak fakta unik dan baik dibalik aktivitas puasa yang harus kita jalankan tersebut ketika ditinjau dari ilmu lmiahnya?

c 47

Jika berbicara mengenai ilmu ilmiah, maka tidak ada lagi yang meragukan bahwa puasa memberikan kita banyak manfaat sekaligus keuntungan. Tetapi apakah Anda tahu fakta unik apa yang tersembunyi di balik puasa? Salah satunya adalah perbedaan waktu puasa yang ada di seluruh dunia.

Waktu puasa di masing-masing belahan dunia

Beberapa negara pada dasarnya memiliki waktu berpuasa yang berbeda, namun dibawah ini rata-rata waktu puasa yang dijalani masyarakat muslim berbagai negara dunia:

  1. Provideniya, Rusia rata-rata memiliki waktu puasa selama 19 jam 57 menit.
  2. Londong, Inggris memiliki total waktu berpuasa sekitar 18 jam 5 menit.
  3. Toko, Jepang menjalankan puasa selama 15 jam 36 menit.
  4. New York, Amerika Serikat memiliki waktu puasa 15 jam 47 menit.
  5. Mekkah, Arab Saudi mengharuskan waktu puasa yang ditempuh masyarakat muslim Mekkah sekitar 14 jam 30 menit.
  6. Jakarta, Indonesia umumnya memiliki keseluruhan waktu puasa yang aada di Indonesia rata-rata adalah 13 jam 3 menit.
  7. Mengawali puasa sejak imsak pada 5:42, warga Perth, Australia Barat harus menjalankan puasa selama 11 jam 59 menit dan berbuka pada 17:41.
  8. Muslim di Casey Station, Antartika patut bersyukur karena hanya menjalankan puasa selama 9 jam 18 menit dengan imsak pada 6:30 dan berbuka pada 15:48.

Baca Artikel Lainnya :

Alasan perbedaan waktu puasa

Mengapa waktu puasa di dunia bisa berbeda? Jawabannya sangat sederhana, tentu saja karena adanya perputaran bumi mengelilingi matahari yang miring mengakibatkan pada waktu tertentu belahan bumi utara akan mengalami siang yang lebih lama dibanding belahan bumi lainnya. Demikian juga sebaliknya.

Namun sebagai masyarakat muslim yang tinggal di Indonesia tentu saja kita patut bersyukur karena saat menjalankan puasa hanya berlangsung selama 12 hingga 13 jam (rata-rata).

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *