Fakta unik Tentang Suku Bugis

Beberapa fakta unik tentang suku bugis memang perlu ketahui, karena dalam aktivitas sosial kita pasti akan menemui teman atau relasi asli khas suku bugis. Asal kata bugis berasal dari kata To Gi yang bermakna orang bugis.

f 46

Pemberian nama tersebut memang tidak lepas dari sejarah raja pertama kerajaan cina yang memiliki keturunan yang akhirnya datang ke Sulawesi dan menetap. Tidak heran bila keturunan suku bugis merupakan keturunan dari kerajaan, ini dikarenakan memang di Sulawesi Selatan terdapat beberapa kerajaan, misalnya saja ada bone, rappang, lalu sidenreng dan masih banyak lagi.

Dari banyaknya jumlah kerajaan klasik tersebut yang akhirnya membentuk suku bugis. Hingga saat ini kerajaan-kerajaan klasik di Sulawesi selatan tersebut berubah menjadi kabupaten, misalnya kabupaten bone, dan lain sejenisnya.

Keunikan suku bugis dari segi bahasa yang disampaikan bila masyarakat yang merantau ke provinsi lain akan terbawa khas bahasa bugisnya. Sebagai contoh dalam pengucapan kata ‘makan’ cenderung akan terbawa aksen bugisnya dan pengucapannya menjadi ‘makang’. Selain itu prinsip hidup orang bugis harus memiliki ‘siri’ atau dapat diartikan rasa malu.

Prinsip hidup ini merupakan ciri khas masyarakat bugis, sehingga bila merantau dan melakukan kesalahan atau suatu hal yang kurang baik akan cenderung jujur dan mengakui kesalahan yang telah dilakukan dan siap menerima hukuman atas kesalahan yang telah dilakukannya sebagai konsekuensi yang harus diterima.

Selain itu prinsip lainnya adalah ‘pacce’ yang artinya ‘tidak tega atau iba’, sehingga akan selalu merasa tidak tega bila melihat teman atau saudaranya yang mengalami kesulitan dan akan selalu membantu bisa dibutuhkan.

Baca Artikel Lainnya :

Masyarakat suku bugis ini pun memiliki karakter yang berani khususnya bila ada peluang untuk merantau maka peluang tersebut pun akan diambil. Selain akan menambah pengalaman yang berharga, mereka pun juga ingin mengangkat nama baik putra daerah yang sukses di kota lain tempatnya merantau.

Hal unik lainya mereka sebagian besar memiliki hobi adu ayam yang umumnya lebih sering dilakukan oleh lelaki khas bugis. Itulah beberapa fakta unik tentang suku bugis yang bisa kita jadikan pelajaran agar lebih memahami karakter serta kebudayaan yang ada di negara Indonesia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *