Fakta Unik Tentang Ubur-Ubur Laut

Fakta Unik Tentang Ubur-Ubur Laut – Ubur- ubur merupakan salah satu hewan yang ada dan hidup di dalam laut.

Ubur- ubur dapat ditemukan di bagian tengah dan bagian dalam laut serta biasanya ditemukan di daerah laut tropis.

eda

Ubur- ubur memiliki tubuh yang lunak seperti jelly dan warna yang transparan meski terkadang di dalam laut ubur- ubur tersebut terlihat memiliki tubuh yang berwarna putih.

Hewan ini memiliki bentuk tubuh seperti lonceng dengan diameter maksimum 4,5 mm. pada spesies yang masih muda ubur- ubur ini memiliki delapan tentakel namun ketika telah beranjak dewasa ubur- ubur tersebut dapat memiliki 80- 90 tentakel.

Di dalam laut ubur- ubur biasanya hidup dan apabila mereka sedang bersama bergerak terlihat seperti pemandangan yang indah.

Cara ubur-ubur bergerakpun sangalah unik yaitu bergerak ke atas dank ke bawah seperti berirama. Terdapat fakta- fakta unik seputar hidup ubur-ubur. Yuk kita cari tahu apa saja keunikan- keunikannya.

Ternyata ubur- ubur tidak memiliki sistem pernafasan seperti layaknya makhluk hidup lainnya khususnya ikan.

Hal tersebut disebabkan oleh kulit tubuh ubur- ubur yang sangat tipis. Hewan tersebut mendapatkan oksigen melalui proses difusi di dalam tubuhnya sehingga mereka dapat tetap hidup dan berkembang biak di laut.

Selain itu ubur- ubur memiliki sistem reproduksi yang sangat unik. Baik jenis ubur- ubur jantan maupun betina, keduanya sama- sma akan mengeluarkan sperma dan telur kedalam air disekitarnya. Ketika telur dan sperma tersebut saling bertemu maka akan terbentuklah organism ubur- ubur yang baru.

Ubur- ubur juga memiliki racun yang snagat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Sebenarnya racun tersebut berfungsi sebagai pertahnan diri ubur- ubur dari para ancaman predator yang akan memangsanya.

Selain itu terdapat pula penyataan unik lainnya bahwa ubur- ubur tersebut tidak akan menua dan mati karena ubur- ubur dapat hidup abadi selamanya. Mengapa yah al tersebut dapat terjadi dan apakah benar?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuan, ubur- ubur yang telah dewasa dapat berubah kembali menjadi ke tahap polip dan tumbuh seperti tahap awal ia hidup kembali. Hal ini yang menyebabkan ubur- ubur dikenal dapat hidup abadi.

Padahal keadaan tersebut dimungkinkan karena ubur- ubur mampu mengembangkan sel transdifferentation yaitu dapat merubah sel menjadi sel yang baru.

Baca Artikel Lainnya :

Namun, sebenarnya disatu sisi terdapat kenyataan bahwa ubur- ubur juga dapat punah yaitu bila dimangsa predator ataupun terdampar di darat hingga mati dan spesies mereka dapat mulai berkurang.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *