Fakta Unik Tentang Warna Kuning Telur Ayam

Sebagian besar orang yang menerapkan pola makan sehat, umumnya akan senang hati memasukkan menu telur dalam menu sehari-hari. Telur ayam mengandung nutrisi yang cukup tinggi, di antaranya DHA atau asam lemak omega 3, beta karoten, protein, serta lemak untuk menambah massa otot.

d 46

Telur ayam sama seperti telur-telur unggas pada umumnya, yaitu terbagi menjadi 2 bagian, bagian putih telur dan kuning telur. Keduanya sama-sama bernutrisi. Namun, kali ini kita akan mengupas seluk-beluk kuning yang terdapat di dalam telur. Apa saja fakta-fakta unik seputar kuning telur ayam? Di sinilah Anda bisa mendapat jawabannya…

  • Ada 3 warna kuning telur ayam

Jika dibandingkan kuning telur ayam memiliki 3 jenis warna, yaitu kuning pucat, kuning mendekati oranye, serta oranye tua. Mengutip dari laman The Mind Unleashed, penelitian oleh para ahli gizi mengenai kuning telur ayam ini menyebutkan bahwa warna telur ayam dari peternakan lokal berwarna kuning mendekati oranye tua.

Berukuran lebih besar dan tebal. Apabila mungkin Anda membeli telur impor dari supermarket, kemudian saat dibuka kuning telur berwarna lebih pekat dari telur ayam biasa, jangan keburu panik. Lantaran kuning telur yang berwarna lebih pekat ini semakin tinggi kadar nutrisi termasuk kandungan omega 3-nya.

  • Perbedaan warna kuning telur

Hasil warna yang berbeda dalam kuning telur lebih sering dipengaruhi oleh makanan yang diberikan peternak kepada ayam-ayam petelur. Misalnya jagung sebagai pakan alami ayam. Otomatis, hal ini berpengaruh pada kesehatan dan kualitas telur-telur ayam yang dihasilkan.

Semakin bagus pemeliharaan ayam di peternakan serta kualitas pakan maka warna kuning telur akan lebih pekat mendekati oranye tua, sebuah pertanda jika nutrisi yang terdapat di dalam kuning telur lebih kompleks.

  • Konsumsi kuning telur yang sehat

Para ahli menyarankan agar mengonsumsi kuning telur setidaknya 2 kali dalam satu minggu. Sama seperti sumber protein hewani, telur ayam sebaiknya dimasak hingga matang sebelum dikonsumsi.

Baca Artikel Lainnya :

Daging putih, daging merah serta telur bisa mengandung bakteri salmonella jika dimakan mentah. Bakteri ini cukup berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Lagipula, ketika dimasak hingga matang, nutrisi di dalam telur dapat meningkat sampai level 91% ketimbang dikonsumsi mentah yang hanya sekitar 51% saja.

Ayo… nikmati kuning telur yang matang sekarang juga!

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *