Fakta Unik Yang Harus Anda Tahu Tentang Burung Kakak Tua

Fakta Unik Burung Kakak Tua – Burung kakak tua merupakan salah satu burung hias yang banyak dipelihara oleh semua kalangan. Burung ini memang memiliki bentuk dan warna bulu yang indah serta termasuk burung yang sangat mudah sekali dijinakan. Keberadaan jambul yang ada dikepalanya menjadi ciri khas dan daya tarik dari burung tersebut.

12

Burung kakak tua juga dikenal sebagai hewan yang memiliki kecerdasan yang cukup bagus sehingga sering digunakan sebagai hewan yang dilatih untuk melakukan suatu atraksi di sebuah tempat acara- acara hiburan. Di lingkungan alam bebas, burung ini menghuni hutan dengan pepohonan yang tinggi- tinggi. Kakak tua hidup didahan- dahan pohon dan berpindah antara satu pohon dengan pohon yang lainnya untuk mencari makanan.

Kakak tua termasuk kedalam hewan yang memakan segala jenis makanan. Baik buah- buahan, dedaunan, biji- bijian, makanan lainnya. Ketika menjadi hewan peliharaan, burung kaka tua tersebut juga dapat diberikan makanan roti sehingga tergolong mudah untuk memeilharanya.

Selain itu alasan banyak orang untuk memeliharanya karena burung tersebut mampu mengeluarkan suara yang melengking. Bahkan apabila burung tersebut dipelihara sejak kecil dan dilatih dapat mengeluarkan suara seperti layaknya manusia. Meski hanya beberapa kata saja yang mampu diucapkan, namun keunikannya tersebut yang membuat burung kaka tua semakin diburu dan digemari banyak orang untuk dipelihara.

Burung kaka tua dewasa mampu memiliki tubuh yang besar. Sayapnya yang kuat dapat membuatnya terbang hingga jarak yang cukup jauh. Burung kakak tua berkembang biak dengan cara bertelur. Burung kaka tua betina mempu bertelur 3 hingga 4 butir dalam sekali bertelur. Burung ini juga dikenala memiliki paruh yang pendek namun kuat untuk memakan biji- bjian yang keras sekalipun.

Sebenarnya banyak sekali jenis burung kaka tua. Diseluruh dunia terdapat 13 jenis burung kaka tua yang berparuh bengkok. Enam diantaranya terdapat di Indonesia tepatnya di daerah Maluku.

Salah satu jenis burung kaka tua yang penyebarannya paling banyak di Indonesia adalah jenis burung kaka tua kecil dengan jambul kuning. Jenis burung kakak tua tersebut banyak dicari oleh orang untuk dipelihara dan tak jarang banyak yang memburunya di hutan untuk kemudia dijual ke luar negeri secara illegal.

Sungguh sangat disayangkan keadaan tersebut karena akan mengancam keberadaan hidup burung kaka tua kecil jambul kuning tersebut sehingga membuatnya menjadi binatang langka. Seharusnya hewan- hewan indah tersebut dilestarikan agar tetap ada di Indonesia dan tidak punah.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *