Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Gangguan Makan

Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Gangguan Makan – Gangguan makan atau eating disorder adalah obsesi mental untuk mengurangi asupan makanan ketubuh agar bentuk tubuh selalu langsing dan kurus.

Hampir 40.000 wanita remaja dan dewasa mengalami ini di seluruh dunia. Eating disorder juga menjadi perhatian serius karena telah banyak korban jiwa yang meninggal akibat sengaja tidak makan. Berikut ini adalah fakta-fakta yang harus anda tahu tentang gangguan makan.

Untitled

Selalu merasa gemuk

orang yang mengalami gangguan makan selalu merasa dirinya gemuk. Padahal jika dilihat,badanya sudah pas dan ideal.

Mereka berfikir bahwa badanya penuh lemak dan mencoba tidak makan agar lemak dalam tubuhnya berkurang. Penderita eating disorder selalu menjahui makan. Makanan adalah musuh mereka.

Anoreksia dan Bulimia

Anoreksia dan bulimia adalah penyakit yang berbeda. Anoreksia adalah mengurangi porsi makan atau tidak makan sama sekali untuk mendapatkan tubuh yang menurut mereka pas.

Sedangkan bulimia adalah mereka tetap makan dengan porsi yang sama. Namun,mereka berusaha memuntahkan makanan itu.

Genetik

Gangguan makan bisa disebabkan oleh genetic. Stress juga bisa berakhir dengan eating disorder yang serius.

Angka kematian tinggi

Di Amerika,angka kematian akibat gangguan makan hampir sama dengan angka kematian akibat penyakit kronis seperti jantung.

Ini disebabkan karena pengidap gangguan makan mengalami berbagai kompilkasi akibat kekurangan gizi.

Tidak mau berobat

Orang yang mengidap gangguan makan cenderung menyembunyikanya dari keluarga dan teman-teman mereka.

Secara langsung mungkin mereka tak terlihat aneh dan mereka sendiri tak merasa aneh. Namun dampaknya bisa dilihat dikemudian hari.

Mencoba berbagai cara untuk kurus

Pengidap gangguan makan selalu mencari cara bagimana mereka untuk kurus seperti merokok,tidak makan,puasa setiap hari,dan memuntahkan makanan.

Stereotip gender

Meski sebagian besar pengidapnya perempuan,rupanya banyak juga laki-laki yang mengidap gangguan makan. Kebanyakan pria tak mengakuinya sehingga perempuan dianggap pelaku terbanyak.

Baca Juga : Kandungan dan manfaat susu kambing untuk kesehatan

Itulah beberapa fakta tentang eating disorder. Lakukanlah diet yang sehat dan olahraga teratur agar tubuh anda ideal. Jangan melakukan hal-hal yang berbahaya bagi diri anda sendiri demi badan yang kurus. Semoga bermanfaat J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *