Faktor-faktor Penentu Pertumbuhan Tanaman

Faktor-faktor Penentu Pertumbuhan Tanaman – Faktor penentu pertumbuhan tanaman sendiri adalah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman apakah nanti tumbuh dengan baik atau tidak. Jika pertumbuhan dalam keadaan baik, berarti segala faktor-faktor pertumbuhan sudah terpenuhi. Namun apabila pertumbuhan menjadi kurang baik, seperti tumbuhan mengalami kekerdilan, mengering, bahkan sampai mati, berarti segala faktor tersebut kurang terpenuhi. Untuk itulah ada baiknya kita mengetahui seluruh faktor-faktor agar bisa merawat tumbuhan dengan baik.

j1

Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan. Faktor dalam dan luar. Faktor dalam atau internal sendiri adalah:

  • gen adalah sifat yang diturunkan oleh indukan. Gen ini mempengaruhi ciri sampai sifat. Gen sendiri memang sangat mempengaruhi metabolism tumbuhan. Contohnya jika mangga yang mempunyai indukan yang manis, maka jika di cangkok, hasil cangkokannya juga memiliki rasa yang manis. Meskipun gen sangat penting, namun gen sendiri bukan faktor utama dan satu-satunya yang menjadi penentu.
  • Hormone ini juga sebagai penentu, dikarenakan mengendalikan seluruh organ tubuh

Selain faktor internal, adapula faktor eksternal. Faktor eksternal itu sendiri adalah:

  • Makanan merupakan sumber energy bagi tumbuhan, tidak hanya tumbuhan, semua makhluk hidup juga bergantung pada makanan itu sendiri.
  • Jika tumbuhan hidup pada suhu yang kurang tepat, besar kemungkinan tumbuhan tersebut akan mudah mati.
  • Intensitas cahaya. Jangan dikira cahaya tidak penting. Bahkan tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk proses fotosintesis mereka.
  • Air dan kelembaban. Air dan kelembaban juga hal penting dalam perkembangan. Tanpa air, tentu saja tumbuhan tidak dapat hidup. Air sendiri memang tempat terjadinya reaksi-reaksi kimia.
  • Bagi tumbuhan tanah sangat penting dan berpengaruh bagi pertumbuhannya. Tumbuhan akan tumbuh dengan baik, apabila kondisi tannah yang ia tempati sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan melihat faktor ini, tentu akan lebih memudahkan kita bila ingin menanam tanaman. Kita tinggal melihat kecocokan lingkungan. Tidak mungkin apabila kita akan menanam kaktus d lingkungan yang kaya akan air. Hal ini yang perlu kita lihat lebih teliti. Jangan sampai karena kita mengesampingkan faktor pertumbuhan, tanaman kita akan mati.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *