Faktor-faktor timbulnya keracunan Fe pada Tanah dan Tanaman

Faktor-faktor timbulnya keracunan Fe pada Tanah dan Tanaman – Keracunan Fe atau bronzing dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat, menurunkan produtivitas tanaman dan kematian tanaman.

Untitled

Penyebab utama dari keracunan Fe di berbagai daerah dapat beragam,  pada keracunan Fe terjadi pada saat keadaan pH sangat rendah, dan besi terlarut tinggi, kadar kation rendah, KTK rendah atau kombinasi berbagai faktor tersebut (Saikia and Baruah 2012). Defisiensi unsur-unsur makro, suplai Mn yang rendah, defisiensi K menyebabkan penyerapan Fe berlebihan.

Tanaman yang cukup hara mempunyai kekuatan mengoksidasi ferro (Fe2+) dalam tanah lebih besar daripada tanaman yang kekurangan hara. Kekurangan kalium berpengaruh besar terhadap kekuatan oksidasi akar. Hal ini sejalan dengan sering terjadi respon tanaman terhadap pemupukan K pada lahan berkadar Fe tinggi. Defisiensi K dan P menurunkan kapasitas oksidasi akar dan mempercepat proses keracunan Fe, namun defisiensi N tidak meningkatkan penyerapan Fe tetapi jumlah N yang tinggi memacu penyerapan Fe .

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *