Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dekomposisi Bahan Organik

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dekomposisi Bahan Organik – Dekomposisi atau yang biasa disebut juga sebagai pembusukan ini merupakan proses alami yang terjadi akibat adanya perusakan susunan dalam tubuh suatu organisme yang dilakukan oleh dekomposer. Proses pembusukan oleh dekomposer ini biasanya dapat anda temukan bila ada organisme yang dikubur di dalam tanah. Dimana proses pembusukan ini terjadi oleh semut, belatung, bakteri dan juga oleh jamur yang hidup di dalam tanah dan berkembang di tempat yang lembab.

bo1

Namun, pada saat ini akan dijelaskan mengenai dekomposisi bahan organik dimana bahan organik tersebut dapat berasal dari tubuh manusia, hewan dan juga tumbuhan. Dalam hal ini, seperti yang telah diketahui bahwa bahan organik ini dapat tersusun dari bahan humus dan non humus menurut Bohn pada pernyataannya tahun 1979. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui mengenai pengertian humus dan non humus.

Kini, akan dijelaskan mengenai humus dan non humus berdasarkan pengertian dan pendapat yang dikemukakan oleh Bohn. Dimana bahan non humus ini merupakan suatu organisme yang telah mati sedang melalui proses dekomposisi di sebagian tubuhnya untuk kemudian dapat digunakan sebagai unsur hara bagi mikroorganisme dan tanaman. Sedangkan bahan humus yaitu suatu organisme mati yang telah sepenuhnya terdekomposisi sehingga menjadi salah satu lapisan tanah yang sangat subur.

Jadi, dari pembahasan diatas dapat diketahui bahwa proses dekomposisi ini sangat perlu untuk memberikan nutrisi yang tepat bagi mikroorganisme dan tanaman serta dapat menjadi penyubur tanah bagi tanaman yang akan anda tanami. Namun, tahukah anda tentang faktor yang mempengaruhi terjadinya dekomposisi bahan organik? Berikut akan dijelaskan beberapa faktornya, yaitu:

  • Faktor pertama yaitu iklim. Hal ini menjadi penting karena iklim dapat memperlambat bahkan mempercepat terjadinya proses dekomposisi.
  • Kemudian adanya tipe penggunaan lahan dimana lahan tersebut berfungsi sebagai sumber bahan organik yang baik bagi lahan tersebut.
  • Faktor ketiga yaitu bentuk lahan. Hal ini membantu dekomposisi pada proses pengumpulan bahan-bahan organik tersebut
  • Faktor yang paling penting yaitu adanya kegiatan manusia ini pun akan sangat berpengaruh pada terjadinya proses dekomposisi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *