Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup – Lingkungan hidup merupakan suatu lingkup penting yang perlu dijaga dan diperhatikan dengan baik oleh setiap makhluk yang ada di dalamnya. Lingkungan merupakan tempat yang sangat berperan penting bagi berlangsungnya kehidupan.

Untitled

Namun jika kita tidak menjaga lingkungan dengan baik dan maksimal, maka akibatnya adalah timbul berbagai kerusakan lingkungan hidup yang nantinya akan mengganggu kondisi kehidupan di dalamnya. Oleh sebab itu, kita wajib menjaga lingkungan hidup kita agar kehidupan dapat berjalan baik dan seimbang.

Kerusakan lingkungan akibat peristiwa alam

Kerusakan lingkungan bisa terjadi karena faktor alam. Perubahan kondisi udara, air, tanah dan berbagai faktor abiotik lainnya bisa saja menyebabkan kerusakan lingkungan. Berikut ini beberapa peristiwa alam yang bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan, antara lain:

  • Peristiwa gunung berapi, yaitu aktivitas vulkanisme yang mengakibatkan letusan dan membuat berbagai komponen dalam gunung seperti asap, abu, lahar, lava, debu dan lainnya keluar hingga mengganggu lingkungan hidup di sekitarnya.
  • Peristiwa gempa bumi, yaitu aktivitas pergerakan lempengan bumi yang menyebabkan getaran dengan kapasitas tertentu dan bisa menyebabkan tanah longsor, bangunan roboh, tsunami dan berbagai kerusakan lainnya.
  • Peristiwa badai dan angin topan.

Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia

Selain disebabkan oleh faktor-faktor gejala alam, perilaku dan ulah manusia juga menjadi faktor penyebab kerusakan lingkungan yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan hidup sekitar kita.

Beberapa perilaku seperti penebangan hutan secara liar, pemanfaatan lahan yang tidak tepat, aktivitas industry perusahaan yang membuang limbah sembarangan, asap knalpot kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut secara langsung dan tidak langsung berdampak pada rusaknya lingkungan hidup di sekitar kita dan mengganggu kehidupan di masa depan.

Upaya pelestarian lingkungan hidup

Agar kehidupan yang seimbang dan berjalan dengan baik bisa dirasakan hingga kemudian hari, maka kita perlu mengupayakan pelestarian lingkungan hidup dengan maksimal. Caranya yaitu dengan:

  • Menghindari berbagai perilaku yang dapat mencemari lingkungan.
  • Membuang sampah pada tempatnya atau mendaur ulang bahan-bahan sampah yang dapat dijadikan berbagai jenis barang berguna.
  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor untuk mencegah polusi dan pencemaran udara.
  • Melakukan penghijauan di berbagai tempat dan pusat kota.
  • Menanamkan sikap peduli dan prihatin terhadap kondisi lingkungan hidup sekitar pada keluarga supaya lebih menghargai dan mencintai lingkungannya.

Itulah beberapa faktor penyebab kerusakan lingkungan hidup yang selama ini seringkali terjadi di sekitar kita. Untuk meminimalisirnya, tentu saja berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup perlu dilakukan sehingga kehidupan yang lebih aman, nyaman dan tentram dapat terlaksana. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan hidup yang baik dan optimal. Dengan demikian, kebahagiaan hidup yang seimbang dapat dirasakan pula oleh anak cucu kita kelak.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

  1. Pingback: Cara Tepat Atasi Polusi Udara di Perkotaan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *