Faktor yang Berpengaruh Terhadap Laju Infiltrasi

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Laju Infiltrasi – Infiltrasi merupakan proses peresapan air ke dalam tanah melalui pori-pori. Berbeda degan perkolasi yang berarti aliran air dalam tanah yang bergerak. Infiltrasi sangat berpengaruh pada laju aliran permukaan (run off) dan terhadap proses aliran permukaan. Daur hidrologi sangat penting dalam hal ini serta proses bergantinya aliran air hujan menuju sungai. Air hujan sebagian akan masuk ke dalam tanah, sebagian lainnya akan berada di dalam cekungan dan terakhir adalah overland flow. Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap laju infiltrasi yang perlu diperhatikan.

Untitled

Memungkinkan daya infiltrasi hingga maksimum disebut Fp atau daya infiltrasi. Kondisi permukaan di lapisan atas tanah juga menentukan daya filtrasi. Mm/jam ataupun mm/hari adalah besarnya daya infiltrasi. Sedangkan Fa atau laju infiltrasi sebenarnya juga dipengaruhi dengan kapasitas infiltrasi serta intensitas hujan. Untuk kapasitas infiltrasi akan dipengaruhi terhadap sifat-sifat fisik dan kemampatan, permeabilitas, nisbi air, serta iklim untuk mikro tanah. Karena tekanan dari jatuhnya air hujan ke permukaan tanah menyebabkan air juga berinfiltrasi di tanah hutan. Selain itu juga disebabkan karena gravitasi bumi. Untuk itu harus diketahui dengan pasti apa saja mengenai faktor yang berpengaruh terhadap laju infiltrasi.

Laju infiltrasi maupun daya infiltrasi juga memiliki beberapa faktor. Berikut adalah faktor yang berpengaruh terhadap laju infiltrasi, yaitu:

  1. Perlu diketahui apa saja karakteristik hujan

Hujan memiliki beberapa macam tergantung awan yang membawanya.

  1. Kondisi terhadap permukaan tanah

Kondisi permukaan tanah ini misalnya adanya tetesan hujan yang dapat memampatkan tanah sehingga infiltrasi akan bekurang, celah karena sinar matahari dapat meningkatkan laju infiltrasi.

  1. Kondisi mengenai penutup permukaan

Adanya jalan atau bangunan yang dapat memampatkan tanah.

  1. Karakteristik air yang akan mengalami infiltrasi

Kualitas air dapat dijadikan faktor dalam laju infiltrasi ini.

Setelah memahai faktor yang berpengaruh terhadap laju infiltrasi, untuk proses infiltrasi tanah ini awalnya air akan mengalir menuju celah kecil lalu merasap ke dalam tanah. Selanjutnya, air akan bertahan terlebih dahulu di dalam tanah untuk memproses kelembapan tanah. Jika kelembapan telah cukup maka air akan melaju dengan horizontal . Proses selanjutnya air akan mengalir ke sungai.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *