Faktor Yang Mempengaruhi Keberadaan Mikroorganisme

Faktor Yang Mempengaruhi Keberadaan Mikroorganisme – Banyak yang tidak menyadari, pada saat tangan atau bagian tubuh lain kotor maka pada saat itu pintu untuk datangnya penyakit ke tubuh terbuka lebar. Baik itu penyakit yang disebabkan oleh virus seperti influenza, radang tenggorokan maupun oleh bakteri seperti batuk. Namun banyak yang tidak waspada, karena virus maupun bakteri adalah hewan yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Inilah yang disebut makhluk mikroorganisme. Dalam tulisan ini selanjutnya akan dibahas mengenai faktor yang mempengaruhi keberadaan mikroorganisme tersebut.

mo0

Mikroorganisme atau bisa juga disebut mikroskopik merupakan makhluk hidup yang bisa tersusun dari satu sel saja (unicellular) atau terdiri dari banyak sel (multicellular). Makhluk kecil ini dikatakan makhluk hidup Karena menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup, salah satunya berkembang biak. Mikroorganisme bersel satu akan berkembang lebih cepat dan lebih banyak dibandingkan dengan multicellular. Perkembangbiakan ini terjadi jika kebutuhannya terpenuhi. Maka faktor yang mempengaruhi keberadaan mikroorganisme sehingga dapat berkembang biak dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Karena hal-hal alamiah;
  • Karena hal kimiawi.

Hal-hal atau faktor alami yang menjadi faktor yang mempengaruhi keberadaan mikroorganisme adalah sebagai berikut:

  • Suhu media mikroorganisme berada. Dalamsuhu 00 sampai 900 mikroorganisme masih dapat hidup. Bahkan beberapa mikororganisme penyebab sakit akan tumbuh di suhu yang sama dengan suhu normal manusia yaitu 370.
  • Derajat keasaman. Rata-rata mikroorganisme akan hidup di pada derajat keasaman 0 – 7 atau dalam kondisi asam. Meskipun ada beberapa jenis yang tumbuh di kondisi basa.
  • Tingkat kelembaban. Mikroorganisme butuh banyak air, berarti semakin lembab suatu tempat/ media maka semakin mudah berkembang biak.
  • Tekanan osmosis. Jika kadar garam atau gula suatu media lebih rendah dari mikroorganisme akan mudah tumbuh. Namun jika sebaliknya, maka air akan masuk kedalam mikroorganisme yang pada akhirnya akan mati.

Adapun faktor yang mempengaruhi keberadaan mikroorganisme dari faktor kimiawi disebabkan dari faktor-faktor yang biasa kita temui sehari-hari. Seperti misalnya makanan, sabun cuci, alcohol, pestisida-pestisida dan sebagainya. Kandungan kimia beberapa item diatas seperti zatpewarna, peroksida, logam-logam berat menjadi media pertumbuhan mikroorganisme. Maka tidak heran jika kemudian penyebab suatu penyakit adalah makanan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *