Faktor Yang Perlu Anda Pelajari Tentang Android 5.0 Lollipop

Faktor Yang Perlu Anda Pelajari Tentang Android 5.0 Lollipop – Android Lollipop pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat awam pada acara Google I/O bulan Juni tahun 2016 dimana Google dan team work mereka telah berhasil memberikan  preview sistem operasi terbaru pada internet atau web site kepada para developer agar mereka bisa mulai mengembangkan aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasional tersebut.

20160426_194845_resized

Google mengumumkan bahwa Android versi 5.0 Lollipop tersebut di atas telah resmi mempunyai nama populer yaitu Lollipop dan sudah mulai dapat digunakan oleh masyarakat luas pada perangkat Nexus dan beragam perangkap lainnya yang akan segera menyusul dirilis mulai bulan depan.

Akhir tahun 2015 yang lalu, banyak fitur baru yang bermunculan di Android 5.0 Lollipop. Mengutip dari beberapa blog yang beredar di Google menyebutkan bahwa, “ Lollipop adalah update Android terbesar dan ambisius dengan kecepatan lebih dari 5.000 API untuk para developer.

” Tahun 2016 ini, Tech in Asia telah merangkum beberapa fitur besar baru yang dimiliki oleh Android 5.0 Lollipop ini. Di bawah ini akan kami berikan contoh yang biasa digunakan di Indonesia :

Desain keseluruhan yang baru

Android 5.0 Lollipop memperkenalkan bahasa desain terbaru yang populer disebut sebagai Material Design. Google memanfaatkan bahasa desain ini untuk masing – masing aplikasi yang telah mereka miliki.

Contoh nyata dari tampilan Material Design adalah bisa anda lihat pada aplikasi versi terbaru Google Play Store, Google Chrome, Google Play Newsstand, dan Google Drive yang ada di perangkat android anda.

Desain ini mengedepankan tipografi yang jelas serta memiliki warna-warna yang cerah dengan animasi bersifat fluid.

Mengambil tema flat secara keseluruhan, bahasa desain ini mengutamakan konteks “nyata” dalam animasi yang diaplikasikan. Elemen-elemen yang ada memiliki bayangan sehingga menonjolkan kesan “hidup” ketika dioperasikan.

Notifikasi yang lebih pintar

Saat anda akan memutuskan untuk menggunakan android, maka anda harus siap-siap terganggu dengan notifikasi yang akan muncul ketika anda baru pertama kali akan membuka sebuah aplikasi terutama notifikasi untuk panggilan telepon yang biasanya sangat menyita perhatian dan agak sulit menjalankannya.

Anda juga akan merasakan hal yang sama terhadap program yang sedang diinstal ke dalam komputer anda. Kondisi ini telah disadari oleh Google sejak pertama kali dirilis. Melalui Android 5.0 Lollipop, Google banyak memberi sistem notifikasi baru yang populer disebut sebagai notifikasi “heads up”.

Dengan mode terbaru ini, anda tidak akan merasa terganggu lagi oleh kemacetan yang mungkin akan muncul, karena anda bisa melakukan banyak hal di dalamnya seperti menerima telepon atau membalas pesan langsung dari banner notifikasi.

Anda juga bisa sesuka hati mengatur notifikasi mana yang paling penting untuk ditampilkan. Misalnya, anda dapat memilih untuk menyembunyikan notifikasi dari kontak A, atau memberikan anda notifikasi untuk kontak B. Hal ini juga bisa dengan mudah diterapkan untuk aplikasi yang terpasang pada perangkat android anda.

Bagi anda para pemula atau yang terbiasa menggunakan Android 5.0 Lollipop, mungkin harus lebih banyak belajar lagi dan sabar menunggu beberapa saat hingga sistem operasi ini tersedia dalam paket lengkap di perangkat anda.

Baca Artikel Lainnya :

Nexus 6 dan Nexus 9 adalah perangkat pertama yang akan rilis guna mendapatkan sistem operasi ini dengan memakai seri Nexus lainnya, serta akan segera menyusul seri yang lebih canggih.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *