Fenomena Langit Yang Sangat Jarang Terjadi

Fenomena Langit Yang Sangat Jarang Terjadi – Fenomena alam merupakan peristiwa non-artifisial di dalam pandangan fisika yang kemungkinan akibat dari ulah manusia ataupun memang perbuatan alam.

Fenomena yang secara umum terjadi di alam sekitar contohnya seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, banjir dan lain sebagainya.

Akan tetapi apakah Anda sudah pernah menyaksikan secara langsung fenomena langit yang memang sangat jarang terjadi? Beberapa diantaranya dapat Anda lihat seperti berikut ini.

Mammatus Cloud (Awan Mammatus)

Untitled

Mammatus cloud merupakan fenomena ketika awan dilangit berbentuk layaknya balon terbalik dengan gelembung-gelembung dan gelombang yang terlihat sangatlah halus, lembut dan membentuk formasi sangat menakjubkan dan tentunya indah.

Mammatus cloud sendiri terbentuk dari beragam formasi dalam bentuk kristal-kristal es di awan, terbentang ratusan kilometer jauhnya.

Moonbows (Pelangi Bulan)

Untitled

Pelangi pada dasarnya bisa terjadi ketika matahari bersinar dan mengenai tetesan-tetesan air embun. Ini umumnya baru akan terjadi pada atmosfir setiap kali setelah hujan.

Moonbow menjadi fenomena langit yang lebih jarang terjadi, bahkan hanya bisa terlihat ketika malam hari. Tepat ketika bulan berada dalam titik rendah saat bulan purnama hingga hampir purnama.

Air Terjun Cumberland. Knetucky Amerika Serikat menjadi tempat paling populer untuk menyaksikan Moonbow yang menakjubkan.

Mirages (Fatamorgana)

Untitled

Biasanya fatamorgana akan muncul pada saat cahaya terbias kemudian menghasilkan  gambar dari satu object maupun langit, padahal sebenarnya tidak benar-benar ada.

Fenomena semacam ini secara umum bisa terjadi di atas permukaan panas layaknya jalan aspal ataupun gurun pasir.

Belt of Venus (Sabuk Venus)

Untitled

The Venus Belt atau yang populer juga dengan istilah “sabuk venus” merupakan fenomena langit yang muncul ketika senja penuh debu.

Baca Artikel Lainnya :

Tepat pada saat sekumpulan langit yang berwarna kecokelatan dan juga kemerahan muncul diantara cakrawala dan langit.

Noctilucent Cloud (Awan Noctilucent)

Untitled

Awan Noctilucent atau Noctilucent Cloud merupakan awan yang sangat tinggi dilihat secara atmosfer dan membiaskan cahaya ketika senja. Lebih tepatnya saat matahari sudah tenggelam, mengiluminasi hingga menyinari langit dengan pancaran cahaya yang tidak tampak.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *