Flu, Penyakit yang Dapat Dilawan dengan Istirahat Cukup

Flu, Penyakit yang Dapat Dilawan dengan Istirahat Cukup – Flu, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistempernapasan kita.

12

Penyakit ini ditandai oleh gejala batuk, bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, hingga demam yang tinggi. Flu juga menyebabkan terbentuknya lendir yang berlebihan di saluran pernapasan sebagai respon kekebalan tubuh kita.

Adapun panas yang timbul akibat flu juga merupakan mekanisme kekebalan tubuh dalam melawan virus flu yang masuk ke tubuh.

Penyakit flu sangat mudah menular. Pada dasarnya virus flu disebarkan melalui udara, maupun lendir pernapasan si penderita.

Untuk itu, tidak heran di musim hujan seseorang mudah sekali terserang flu. Hal ini diakibatkan daya ahan tubuh yang rentan serta semakin mudahnya virus menyebar akibat kelembaban udara yang tinggi.

Dan tahukah kamu ? Flu dapat membuat sistem kekebalan kita menjadi rentan terhadap penyakit. Saat virus masuk, sistem kekebalan tubuh kita akan sibuk untuk membuat antibodi dan apabila masuk suatu bakteri atau virus baru ke dalam tubuh, maka akan membuat seseorang terinfeksi penyakit lainnya. Salah satu cara terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah beristirhat di rumah.

Sebagian besar dokter menyarankan penderita flu untuk beristirahat dan menghentikan aktivitasnya, mengapa ? Hal ini dikarenakan dengan beristirahat, tubuh akan secara optimal membangun sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus yang masuk.

Dengan beristirahat, seseorang penderita flu pastinya akan terhindar dengan serangan penyakit lainnya. Beristirahat di rumah juga membantu meringankan pikiran, menekan stress, dan mempercepat penyembuhan.

Hal lainnya yang harus dihindari adalah olahraga saat flu. Beberapa orang percaya bahwa olahraga dapat mengurangi penyakit flu. Padahal hal tersebut tidaklah tepat. Berolahraga membuat suhu seseorang meningkat.

Kenaikan suhu ini akan menjadi optimal bagi virus flu untuk memperbanyak diri dan membuat sistem imun tubuh kita kewalahan. Berolahraga juga merangsang timbulnya hormon stress yang menghambat sel darah putih untuk melawan virus flu.

Dan satu hal yang terbaik untuk meredakan penyakit flu adalah bedrest, yaitu dengan berbaring dan memposisikan badan berlawanan dengan arah gravitasi. Walaupun terkesan sepele, hal ini sangat penting untuk mempercepat kesembuhan penderita flu.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan bedrest, aliran darah tidak harus berusaha untuk melawan gravitasi sehingga penyebaran sel darah putih untuk membunuh virus flu akan semakin optimal.

Hal terakhir yang harus dipahami adalah jangan memberikan antibiotik pada penderita flu. Hal ini sangat tidak berguna karena fungsi antibbiotik yang melawan bakteri, sedangkan flu merupakan penyakit akibat serangan virus. Cukup dengan meminum obat flu, konsumsi cairan, disertai makanan bergizi akan memperpendek masa sakit flu kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *