Frederick Gowland Hopkins, Ilmuwan Asal Inggris

Frederick Gowland Hopkins, Ilmuwan Asal Inggris – Sir Frederick Gowland Hopkins lahir pada tanggal 20 Juni 1861 di Eastboutne, Sussex Timur, Negara Inggris. Sir Frederick Gowland Hopkins merupakan seorang ilmuwan asal inggris yang menjadi tokoh kunci dalam hal pendirian bidang Biokimia sebagai sebuah bidang ajar dan penelitian di Inggris.hopkin

Sir Frederick Gowland Hopkins sendiri telah memberikan banyak sekali sumbansih yang penting dalam pemahaman terhadap metabolisme dari sel yang hidup serta dalam hal metode penelitian untuk bidang Biokimia.

Sir Frederick Gowland Hopkins diberikan anugerah atau penghargaan Nobel untuk bidang Fisiologi Kedokteran di tahun 1929. Sir Frederick Gowland Hopkins tidak sendiri dalam mendapatkan penghargaan nobel tersebut melainkan bersama dengan Cristiaan Eijkman yang berasal dari Negara Belanda untuk penemuannya juga dibidang Fisiologi Kedokteran.

Sir Frederick Gowland Hopkins menempuh pendidikan tingginya di University of London yang berada di London, Inggris pada tahun 1890 dan mendapatkan gelar B.Sc dari Universitas tersebut. Kemudian, Sir Frederick Gowland Hopkins melanjutkan pendidikan doktoralnya di Guy’s Hospital yang berada di London, Inggris sehingga mendapatkan gelar dokter pada tahun 1894.

Kemudian, pada tahun 1898 Sir Frederick Gowland Hopkins menikah dengan seorang wanita bernama Anne Stevens. Sir Frederick Gowland Hopkins juga memiliki karir menjadi pengajar, Sir Frederick Gowland Hopkins menjadi dosen untuk bidang Fisiologi Kimia di Universitas of Cambridge sejak tahun 1898 hingga tahun 1910.

Pada tahun 1905, Sir Frederick Gowland Hopkins diangkat sebagai anggota Royal Society yang merupakan organisasi ilmiah di Britania Raya yang paling bergengsi sehingga di belakang nama Sir Frederick Gowland Hopkins ditambahkan FRS. Selanjutnya pada tahun 1910, Sir Frederick Gowland Hopkins diangkat juga sebagai anggota dan dalam Biokimia di Trinity College, Cambridge.

Sir Frederick Gowland Hopkins juga menerbitkan hasil penelitiannya berjudul Feeding Experiments Illustratiing the Importancee of Accessoryy Food Factorss in Normal Dietariess di tahun 1912 dan dalam tulisannya tersebut Sir Frederick Gowland Hopkins membuktikan bahwa ketika seseorang melakukan diet terhadap makanannya maka Vitamin sangat diperlukan.

Akibat dari penelitian-penelitian yang Sir Frederick Gowland Hopkins sehingga beliau menjadi Profesor dalam bidang Biokimia pertama di Cmbridge University sejak tahun 1914 hingga tahun 1943.

Pada tahun 1918 Sir Frederick Gowland Hopkins kembali mendapatkan Royal Medal dari Royal Society dan kemudian di tahun 1925 Sir Frederick Gowland Hopkins juga dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Raja George V dari kerajaan Inggris. Tidak hanya itu Sir Frederick Gowland Hopkins kembali mendapatkan anugerah Copley Medal dari Royal Society pada tahun 1926.

Di tahun 1929, Sir Frederick Gowland Hopkins mendapatkan atau memenangkan penghargaan Nobel Kedokteran. Empat tahun kemudian Sir Frederick Gowland Hopkins menjadi presiden dari Asosiasi Inggris untuk Advancement of Science.

Di tahun 1935 Sir Frederick Gowland Hopkins mendapatkan gelar Order of Merit yang merupakan penghormatan untuk sipil yang paling eksklusif di Britania Raya sehingga di akhir namanya mendapatkan gelar OM. Kemudian Sir Frederick Gowland Hopkins OM FRS meninggal dunia pada tanggal 16 Mei 1947 ketika Beliau berumur 85 tahun di Cambridge, Inggris.

Baca juga : Ilmuwan ini Bernama John Vincent Atanasoff

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *