Fungsi dan Gejala Kekurangan Unsur Hara N Pada Tanaman

Fungsi dan Gejala Kekurangan Unsur Hara N Pada Tanaman – Nitrogen (N) adalah salah satu jenis atau  elemen hara yang penting dan dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman. Diketahui bahwa sumber utama yang paling besar unsur Nitrogen di dalam tanah adalah terdapat pada  bahan organik tanah.

Untitled

Ketersediannya selain dari bahan organik tanah ternyata Nitrogen juga terdapat dan bisa diproleh dari gas N2 yang berada di atmosfer melalui cara penambatan atau fiksasi Nitrogen. Penambatan alami dapat disebabkan oleh jasad-jasad renik yaitu bakteri tanah dan alga yang berada di airserta dapat juga dari gejala atmosfer tertentu, seperti kilat.

Sebenarnya Nitrogen memiliki banyak bentuk, namun hanya beberapa saja yang bisa di manfaatkan oleh tanaman, bentuk yang bisa dimanfaatkan oleh tanaman ini adalah ion nitrat (NO3-) serta juga ion amonium (NH4+).kedua ion tersebut akan membentuk material yang kompleks seperti menjadi asam – asam amino dan asam nukleat yang mana hal ini menyebabkan asam asam tersebut akan bisa langsung di serap oleh tanaman

Pada kondisi pH tanah yang rendah kondosi ino nitrat akan jauh lebih mudah diserap oleh tanaman bila di bandingakan dengan ion amonium, sedangkan pada pH yang tinggi sebaliknya yaitu ion Amonium akan jauh lebih tinggi diserap oleh tanaman, sedangkan pada tanah yang netral diketahui proses penyerapan terjadi secara seimbang.

bnayak sekali fungsi dari nitrogen ini bagi pertumbuhan tanaman antara lain :  memperbaiki struktur pertumbuhan vegetatif pada tanaman. Tanaman yang tumbuh pada tanah yang tersedia unsur haran N, maka warna daun akan lebih hijau. sedangkan fungsi lainnya yaitu dalam pembentukan protein pada tanaman.

Gejala kekurangan unsur hara Nitrogen mula-mula ditandai dengan warna daun yang berubah menjadi hijau muda kemudian menjadi kuning yang sempurna, kemudian jaringan daun akan perlahan mmati dan mengering dan mempunyai warnya yang coklat. dalam proses pembuahan, buah yang dihasilkan tidak sempurna, dengan bentuk yang kecil tidak seeprti biasanya serta dapat masak sebelum waktunya.

Nah itulah tulisan saya dalam kesempatan kali ini  mengenai ” Fungsi dan Gejala Kekurangan Unsur Hara N Pada Tanaman “.

Salam Joko Warino.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *