Fungsi dan Komponen Kurikulum

Secara umum kurikulum diartikan sebagai sebuah perencanaan dan rancangan untuk program belajar dan mengajar. Kurikulum menjad isistem yang penting dalam sebuah pendidikan karena digunakan sebagai pedoman dalam proses belajar bagi peserta didik dan mengajar bagi pendidik atau pengajar.

p 147

Dengan kata lain, kurikulum menjadi perangkat pada setiap mata pelajaran dan dianggap sebagai alat untuk mencapai tujuan dari pendidikan tersebut. Selain itu kurikulum juga diartikan sebagai alat untuk melancarkan proses belajar mengajar.

Fungsi Kurikulum

  • Fungsi Penyesuaian

Fungsi kurikulum pertama yakni sebagai penyesuaian terhadap setiap perubahan yang terjadi di lingkungan. Lingkungan yang bersifat dinamis menuntut dunia pendidikan juga ikut turut menyesuaikan dalam proses belajar mengajar.

  • Fungsi Persiapan

Kurikulum berfungsi sebagai alat pendidikan yang dapat mempersiapkan para siswa untuk melangkah kejenjang pendidikan selanjutnya atau menyiapkan diri agar mampu hidup dan bergabung dalam masyarakat.

  • Fungsi Integrasi

Kurikulum merupakan alat atau cara yang dapat menghasilkan pribadi-pribadi peserta didik yang utuh dan bertanggung-jawab dalam masyarakat.

  • Fungsi Pemilihan

Fungsi kurikulum disini sebagai jalan atau kesempatan bagi setiap siswa untuk memilih dan menentukan program belajar yang sesuai minat dan bakatnya.

  • Fungsi Diferensiasi

Setiap siswa tentu memiliki perbedaan. Fungsi inilah yang akan menjadi alat untuk setiap perbedaan tersebut agar setiap siswa tetap mendapat penghargaan dan pelayanan yang sama.

  • Fungsi Diagnostik

Fungsi kurikulum ini yaitu untuk memahami dan mengarahkan setiap kelemahan dan potensi siswa agar kedua hal tersebut dapat diperbaiki dan dikembangkan dengan baik.

Komponen Kurikulum

  • Komponen Tujuan

Komponen ini merupakan hasil yang ingin dicapai oleh lembaga pendidikan tersebut. Tujuan setiap kurikulum akan berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Komponen Isi

Komponen ini merupakan komponen yang akan direncanakan dan diberikan kepada peserta didik sebagai bahan proses pengajaran.

  • Komponen Strategi

Berisikan mengenai strategi, pendekatan, metode serta peralatan yang dapat menunjang proses belajar mengajar.

Baca Artikel Lainnya :

  • Komponen Evaluasi

Komponen ini yaitu bagian untuk memeriksa tingkat pencapaian terhadap tujuan pendidikan semula yang telah dijalankan dalam proses belajar mengajar.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *