Fungsi dan Manfaat Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan potensinya, terutama sumber daya alamnya. Kekayaan alam yang berlimpah mulai dari daratan, hutan, gunung, dan perairan seperti sungai, laut, selat dan sebagainya merupakan sumber kekayaan Indonesia yang tak ternilai harganya.

Keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia salah satu yang terbesar di dunia. Bahkan menempati urutan kedua setelah hutan amazon di Amerika.

l 130

Hal tersebut tentu akan memberikan sumbangan manfaat yang besar terhadap Indonesia dalam berbagai bidang. Berikut penjelasan mengenai fungsi dan manfaat keanekaragaman hayati tersebut bagi Indonesia dan dunia.

1. Sebagai Sumber Pangan

Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Nasi merupakan makanan pokok terbesar bagi penduduk Indonesia. Akan tetapi banyak juga bahan pangan lain seperti jagung, kentang, ubi, singkong, dll.

Selain itu Indonesia juga kaya akan buah-buahan, dan sayur-sayuran. Ada sekitar 400 tanaman penghasil buah-buahan di Indonesia. Sebagai contoh adalah Durio zibethinus nama ilmiah dari buah Durian, Garcinia mangostana (manggis), Passiflora edulis (markisa).

Ada sekitar 370 tanaman penghasil sayuran, seperti Allium fistulosum (kucai), kangkung, wortel, kubis, dan lain sebagainya. Ada sekitar 70 tanaman umbi-umbian, dan 55 jenis rempah-rempah.

2. Sebagai Sumber Sandang

Beberapa tumbuhan di Indonesia digunakan sebagai sumber sandang atau pakaian, contohnya:Gossypium arboretum (kapas), Agave sisalana (sisal), Boehmerianivea (rumi), Hibiscus cannabinuskenaf) yang dapat dimanfaatkan sebagai kain.

Contoh lain adalah Lagenariasiceraria (labu air) yang dapat digunakan sebagai koteka oleh penduduk Papua.

3. Sebagai Sumber Papan

Fungsi yang satu ini memanfaatkan keanekaragam hayati sebagai bahan untuk mendirikan sebuah bangunan terutama kayu. Banyak kayu-kayu yang berada Indonesia, seperti kayu Jati, sengon, pohon kelapa, dll.

4. Sebagai Sumber Obat

Sebagai negara yang kaya akan keanekaragam hayati, Indonesia mempunyai lebih dari 30.000 spesies tumbuhan yang 10% diantaranya dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk obat-obatan.

Misalnya, Pandanus conoideus(buah merah) yang digunakan sebagai obat untuk kanker, diabetes dan kolesterol. Cinchona calisaya(kina) yang digunakan untuk obat malaria.

Baca Artikel Lainnya :

5. Sebagai Kosmetik

Banyak aneka tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kosmetik, diantaranya adalah jenis bunga-bungaan seperti  Rosa hybrida (bunga mawar), Jasminum grandiflorum (bunga melati), dan lain sebagainya.

Contoh lain  adalah Eclipta alba (urang-aring), Aloe vera(lidah buaya) yang keduanya dapat digunakan dalam industri untuk membuat shampoo.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *