Fungsi dan Manfaat Peta Topografi dalam Pertanian

Peta topografi dalam pertanian bermanfaat dalam penentuan lokasi pertanian, tepatnya menyangkut ketinggian tempat. Aspek ketinggian tempat ini dapat menunjukkan potensi curah hujan dan suhu serta tingkat kemiringan lereng.

l 9

Lebih detailnya, fungsi dari peta topografi ini antara lain:

  • Membantu memberi informasi terkait kondisi permukaan bumi beserta elevasinya
  • Menggambarkan bentuk 2 dimensi dari 3 dimensi rupa permukaan bumi.
  • Sebagai dasar untuk mengelompokkan data yang berhubungan dengan ruang.
  • Lebih mudah menemukan posisi pada suatu medan atau wilayah.

Peta topografi dapat didefinisikan sebagai suatu peta yang menyajikan informasi dan data tentang kondisi lapangan secara keseluruhan yang sifatnya umum, baik unsur alam seperti gunung, sungai, laut dan danau maupun unsur buatan manusia seperti jalan, bendungan, jembatan dan perkampungan dengan garis kontur ketinggian dengan perbandingan skala tertentu.

Secara sederhananya, peta topografi merupakan representasi grafis dari bentuk permukaan Bumi yang diperkecil skalanya dan tampak dari atas. Peta topografi juga menggunakan simbol, warna dan label untuk mewakili suatu unsur pada permukaan Bumi.

Representasi ideal dapat terwujud jika setiap unsur pada suatu wilayah yang dipetakan dapat ditunjukkan sesuai keadaan aslinya yang benar. Untuk dapat mewujudkan hal ini, maka setiap unsur pada wilayah yang dipetakan harus diwakili dengan simbol dan tanda konvensional.

Tujuan pembuatan peta topografi

Peta topografi dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi secara ringkas dan jelas mengenai lokasi dan jarak seperti rute perjalanan dan lokasi penduduk dari wilayah tertentu.

Peta topografi juga menampilkan ketinggian kontur, vegetasi penutup dan variasi wilayah. Oleh karena itu, bidang militer juga sangat bergantung pada adanya peta topografi karena hanya dengan melihat sebuah peta bisa memberikan banyak informasi sehingga lebih mudah melakukan analisis dan strategi.

Baca Artikel Lainnya :

Peta topografi juga membantu dalam masalah mobilitas para tetara dan material yang harus diangkut dan ditempatkan dalam operasi pada tempat dan waktu yang tepat. Perencanaan semacam ini mutlak memerlukan bantuan peta topografi.

Tidak heran kalau setiap operasi di dunia militer memerlukan adanya peta topografi. Namun, sebaik apapun penggambaran di peta tersebut, tak akan ada gunanya kalau pengguna tidak bisa membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *