Fungsi dan Manfaat Super Tanaman Pasak Bumi

Fungsi dan Manfaat Super Tanaman Pasak Bumi – Kita cukup mengenal bahwasannya keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia memiliki manfaat yang sangat benar bagi masyarakat, tak hanya untuk menunjang kelangsungan hidup saja karena dimanfaatkan sebagai makanan, namun juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan obat herbal.

1

Ada cukup banyak tanaman yang memiliki khasiat sebagai sebuah obat. Hal inilah yang membuat beberapa orang lebih senang menggunakan pemakaian obat-obatan alami dibandingkan dengan obat yang banyak dijual di pasaran, karena selain harganya yang jauh lebih murah juga bermanfaat untuk mengurangi resiko efek samping yang mungkin saja terjadi. Salah satu yang cukup banyak dimanfaatkan oleh masyarakat adalah tanaman pasak bumi.

Selama ini kita cukup mengenal bahwa pasak bumi banyak berkhasiat bagi kalangan pria, baik itu untuk menambah stamina maupun meningkatkan vitalitas, namun jika meninjau dari kandungan bahan yang ada di dalamnya manfaat yang ditawarkan tak hanya sebatas itu melainkan ada banyak sekali. Beberapa kandungan yang sangat bermanfaat dalam tanaman ini yaitu:

  1. Chatin, senyawa yang satu ini cukup banyak terkandung dalam tanaman pasak bumi, manfaatnya ternyata sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker, yang pada dasarnya setiap orang memilikinya dalam tubuh, namun tak semuanya yang bisa berkembang asalkan diatasi dengan cara yang tepat.
  2. Senyawa turunan dari euryonamore, bahan yang satu ini manfaatnya ternyata juga tak kalah dengan senyawa chatin, meskipun tak difungsikan sebagai anti kanker namun berguna untuk mencegah penyakit malaria, memperkuat antibodi Anda terhadap gigitan nyamuk tersebut.
  3. Etanol, kandungan bermanfaat lainnya adalah ethanol, ethanol ini berguna sebagai bahan afrodisiak.
  4. Quasinoid, kandungan yang paling bermanfaat yang lainnya adalah quasinoid yang sangat berguna sebagai antileukimia atau kanker darah dan juga dapat dimanfaatkan bagi mereka yang tengah menderita HIV.

Selain 4 bahan tersebut setidaknya masih ada banyak lagi kandungan-kandungan bermanfaat lainnya yang ada dalam tanaman pasak bumi. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang salah satunya dilakukan pada Universitas Tokyo, Jepang. Sebagian besar produk-produk obat juga banyak yang memanfaatkannya sebagai bahan dasar, tak heran bukan jika tanaman ini bisa terjual dengan harga yang sangat mahal.

Lalu sebenarnya khasiat seperti apa saja yang ditawarkan oleh tanaman tersebut bagi kesehatan, simak penjelasannya berikut ini:

  • Sebagai obat untuk sakit perut, mengobati sakit perut bisa dengan mengandalkan daun pasak bumi, hanya butuh beberapa helai untuk diseduh dan manfaatkan akan secara langsung Anda rasakan.
  • Obat untuk demam, demam juga bisa diatasi menggunakan tanaman ini, namun pada akarnya saja.
  • Cacingan, masalah yang satu ini sering kali dianggap sepele oleh para orang tua, padahal akan sangat mengganggu pertumbuhan anak-anak karena semua zat makan tak bisa diserap secara optimal oleh tubuh, untuk itu perlu penanganan yang tepat, salah satunya dengan mengandalkan akar pasak bumi.
  • Obat setelah melahirkan, beberapa orang percaya bahwa kulit dari tanaman pasak bumi ini juga berkhasiat sebagai jamu pasca melahirkan, karena dapat mempercepat proses penyembuhan.
  • Mengobati disentri, disentri merupakan kondisi dimana seseorang sering kali buang air besar, umumnya bentuk fesesnya sendiri juga cair, untuk mengatasinya cukup mudah yaitu mengandalkan buah dan daun dari tanaman pasak bumi.

Beragam manfaat yang ditawarkan dari satu tanaman, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling manjur sekalipun.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *