Fungsi dan Peranan Waduk untuk Mengatasi Banjir

Banjir merupakan sebuah peristiwa yang terjadi akibat aliran air berlebihan hingga merendam daratan. Banjir di Indonesia sendiri kerap kali terjadi akibat aliran air sungai melebihi kapasitas saluran air. Bencana ini selalu mendatangkan kerusakan bangunan.

Jakarta merupakan lokasi di Indonesia yang kerap menjadi tujuan favorit bencana satu ini. Kebiasaan masyarakat yang kurang sadar terhadap kebersihan lingkungan dan kesadaran yang sangat minim akan dampak kebiasaan tidak baik terhadap keselamatan diri sendiri sangat memprihatinkan.

o 98

Tak heran bila pola kebiasaan hidup yang tidak benar ini mendatangkan bencana yang selalu dikeluhkan dan dilempar sebagai kesalahan pengelolaan dari pemerintah.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah melakukan berbagai cara untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya banjir dengan langsung menyelesaikan permasalahan klasik dan dasar terjadinya banjir: sampah yang menumpuk di sungai dan kali. Faktor ini menjadi hal yang berperan besar dalam menimbulkan bencana banjir.

Sampah yang tertumpuk ini pun terakumulasi dari kebiasaan hidup yang buruk dari warganya yang seolah tutup mata dengan apa yang menjadi kebiasaan mereka. Selain melakukan pembersihan terhadap sungai, alternatif lain yang dikenal bisa menjadi penghalang datangnya banjir adalah pembuatan dan pengelolaan waduk.

Waduk merupakan sebuah danau yang bisa jadi terbuat dari alam maupun buatan. Waduk juga dikenal sebagai sebuah pembengunan dari aliran sungai yang tujuannya menyimpan air dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Berdasarkan tujuan penggunaan, waduk bisa diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu (1) Waduk Eka Guna dan (2) Waduk Multi Guna.

Waduk Eka Guna sendiri merupakan waduk yang tujuannya untuk memenuhi satu kebutuhan saja. Misalnya, waduk untuk irigasi, waduk untuk PLTA, dan lain-lain. Pengoperasiannya jauh lebih mudah apabila dibandingkan dengan Waduk Multi Guna.

Sementara Waduk Multi Guna merupakan waduk yang difungsikan sebagai sumber untuk memenuhi lebih dari satu kebutuhan. Misalkan, satu waduk digunakan untuk memenuhi kebutuhan irigasi dan PLTA. Kombinasi penggunaan ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan fungsi waduk.

Masih banyak lagi klasifikasi lain dari waduk berdasarkan tujuan tertentu. Namun secara keseluruhan, waduk memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kita. Selain irigasi dan sebagai PLTA, waduk juga dikenal sebagai pengendali banjir.

Waduk sebagai pengendali banjir juga dikenal sebagai Waduk Pengendali Banjir atau Flood Control Reservoir. Waduk jenis ini dibangun khusus untuk difungsikan sebagai penahan sebagian maupun seluruh air banjir serta mampu mengalirkan air tampungan tersebut sesuai kapasitas sungai.

Meski waduk dibangun dengan tujuan sebagai pengendali banjir, namun bukan berarti kita sebagai manusia juga tidak perlu membangun sikap dan kebiasaan hidup yang mencegah terjadinya banjir.

Baca Artikel Lainnya :

Hasilnya akan sama saja ketika kita juga tidak berubah. Maka jika Anda menginginkan perubahan untuk menjadikan tempat tinggal Anda bebas banjir, maka Anda juga memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta turut berpartisipasi dalam perawatan waduk sebagai pengendali banjir.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *