Fungsi dan Struktur Dari Karbohidrat

Fungsi dan Struktur Dari Karbohidrat – Karbohidrat merupakan salah satu dari lemak dan protein masuk dalam kelompok makronutrient. Dalam mempertahankan kehidupan, karbohidrat adalah salah satu kebutuhan yang cukup besar untuk dipenuhi.

1

Kelompok ini memiliki peran penting dalam meningkatkan energi tubuh tapi pada era modern ini, karbohidrat di salahkan dalam proses diet karena dapat membuat lingkar pinggang semakin besar. sebagian besar petugas kesehatan dan para ahli menyarankan untuk kita memenuhi energi atau kalori melalui senyawa ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui struktur dan fungsi dari karbohidrat.

Karbohidrat mengandung gula sederhana yang memiliki struktur dasar. Struktur tersebut mengandung unsur-unsur hidrogen, karbon, dan oksigen dimana terdapat dua kali oksigen dan hidrogen pada umumnya. Bentuk paling sederhana dari karbohidrat berupa monosakarida. Apabila gula sederhana saling bergabung maka akan membentuk disakarida, oligosakarida, serta polisakarida.

Apabila anda sedang dalam proses diet, maka Anda bisa makan karbohidrat dalam bentuk sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana dapat Anda jumpai pada makanan yang memiliki rasa manis secara alami, sebagai contohnya adalah susu, buah-buahan, sayuran, atau produk lain yang terbuat dari susu.

Karbohidrat sederhana tersebut dapat juga dikombinasikan dengan bahan makanan lain sehingga menjadi masakan olahan atau minuman ringan yang dapat Anda konsumsi untuk mendukung program diet Anda.

Sedangkan untuk karbohidrat kompleks dapat Anda jumpai pada makanan seperti sereal ataupun gandum roti. Selain itu karbohidrat kompleks juga terkandung dalam kacang-kacangan dan berbagai sayuran yang memiliki zat tepung. Makanan tersebut dapat Anda olah secara tepat sehingga tidak akan menggemukkan badan.

Bahkan bisa menjadi resep diet. Serat merupakan salah satu bagian terpenting dari karbohidrat yang dapat ditemukan pada makanan nabati. Serat ini memiliki berbagai fungsi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain yaitu menurunkan peluang terkenanya wasir dan kantong usus, mengatur fungsi organ pada usus.

Selain itu serat juga dapat menurunkan kolesterol sehingga mengontrol gula dalam darah. Karbohidrat menyediakan cukup banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan kita. Per gram, ia menyediakan 4 kalori sekaligus.

Karbohidrat memiliki beberapa fungsi penting sebagai sumber energi yang paling utama. Senyawa ini dapat dengan mudah diubah menjadi glukosa sehingga dapat dimanfaatkan oleh sel-sel dalam tubuh sebagai energi. Seluruh sistem dan organ dalam tubuh memerlukan glukosa agar dapat bekerja dengan maksimal.

Selain itu, karbohidrat bisa dijadikan sebagai cadangan energi jika dibutuhkan oleh otot. Apabila Anda dalam proses diet dan mengonsumsi makanan rendah karbohidrat, maka tubuh Anda akan mengubah jaringan lemak berikutnya. Namun, jika kebutuhan belum juga terpenuhi, cadangan dalam ototlah yang akan digunakan.

Tubuh seseorang diketahui dapat menyimpan sekitar 400 gram karbohidrat. Simpanan tersebut akan digunakan sebagai glikogen pada nantinya. Begitu juga sebaliknya, apabila tubuh Anda memperoleh karbohidrat yang lebih dari kebutuhan maka akan diubah untuk kemudian disimpan sebagai lemak.

Menurut The Institute of Medicine, mereka menyarankan bahwa kalori harian kita berasal dari karbohidrat sekitar 45 hingga 65 persen, sehingga kita memerlukan 20 sampai 35 gram serat. Namun, tidak semudah itu. Kita harus memilih jenis karbohidrat dengan bijaksana.

Hal ini penting karena hampir setiap karbohidrat memiliki kalori ekstra dan menyebabkan kita kesulitan dalam mengontrol berat badan. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi kita untuk memilih kelompok makanan dasar yang juga mengandung karbohidrat, antara lain sayuran, biji-bijian dan juga buah-buahan.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Fungsi dan Struktur Dari Karbohidrat

  1. Pingback: Mengenal Ciri dan Jenis Karbohidrat | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Pengertian dan jenis Mutasi Kromosom | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *