Fungsi Daun Katuk Bagi Kesehatan Kita

Fungsi Daun Katuk Bagi Kesehatan Kita – Daun katuk adalah daun dari jenis tanaman asli Asia Tenggara yang memiliki nama Latin Sauropus androgynus. Daun katuk sangat terkenal karena manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan. Daun yang satu ini banyak dikonsumsi ibu hamil untuk memperlancar ASI.

katuk

Daun katuk bisa memiliki berbagai macam kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh mulai dari protein sebesar 7 persen, serat kasar mencapai 19 persen. Selain itu daun katuk juga kaya akan berbagai macam vitamin mulai dari vitamin K, pro vitamin A (beta karotena), vitamin B, dan vitamin C. Tak hanya itu saja, daun katuk kaya akan kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan fosfor.

Daun katuk juga mengandung banyak klorofil atau zat hijau daun yang juga sangat baik bagi kesehatan. Berikut beberapa fungsi, manfaat dan khasiat yang bisa didapat dari daun katuk yang perlu diketahui.

  1. Memperbanyak Produksi ASI

Daun katuk sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil karena kandungan kalsium dan mineral yang sangat tinggi. Mineral dan kalsium sangat baik untuk memperlancar produksi ASI ibu hamil. Daun katuk dapat dikonsumsi dengan cara dimasak seperti sayur.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tedapat pada daun katuk sangat bagus dikonsumsi karena berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi daun katuk secara rutin dapat menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit, dan stamina tubuh tetap terjaga.

  1. Mengatasi Darah Kotor

Daun katuk juga memiliki fungsi sebagai obat cuci darah alami. Daun katuk dapat membantu menagatasi masalah darah kotor utamanya pada wanita. Darah kotor sendiri merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai macam masalah kesehatan seperti bisul dan jerawat.

  1. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium yang tinggi dalam daun katuk dapat membantu menghindarkan diri dari serangan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kalsium sangat bagus untuk membantu pertumbuhan tulang utamanya bagi orang yang berada di dalam masa pertumbuhan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Daun katuk banyak mengandung vitami A. Oleh sebab itu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi daun katuk secara rutin dapat menghindarkan seseorang dari berbagai macam masalah mata mulai dari miopi sampai dengan hipermetropi. Daun katuk dapat dikonsumsi dengan cara direbus dan dijadikan sayur atau lalapan.

  1. Meningkatkan Produksi Sperma

Bagi kaum adam, daun katuk memiliki khasiat meningkatkan produktifitas sperma karena mengandung fitokimia. Kandungan fitokimia dalam daun katuk juga dapat meningkatkan kesuburan pria.

  1. Mengatasi Flu

Bagi penderita flu juga dianjurkan untuk mengonsumsi daun katuk. Karena daun katuk mengandung zat efedrin yang terbukti mampu mengatasi influenza secara efektif.

  1. Menjaga Kolesterol

Bagi para penderita masalah kolesterol, daun katuk juga dapat dikonsumsi karena memantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Daun katuk juga kaya akan antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari pertumbuhan sel-sel kanker yang mematikan.

Sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat lain yang bisa didapat dengan mengonsumsi daun katuk. Namun yang perlu diperhatikan adalah, mengonsumsi daun katuk secara berlebihan dapat membuat efek candu. Hal tersebut bisa terjadi karena daun katuk memiliki zat papaverin yang dapat menyebabkan keracunan.

Jadi konsumsi daun katuk bisa dilakukan secukupnya tergantung kebutuhan. Semoga informasi mengenai fungsi, manfaat, dan khasiat dari daun katuk tadi dapat memberikan manfaat bagi semuanya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *