Fungsi Lapisan Ozon untuk Bumi

Bumi memiliki atmosfer yang dibagi menjadi beberapa lapisan. Lapisan terendah adalah lapisan troposfer yang berada pada ketinggian 0 – 10 km dari permukaan Bumi. Lapisan berikutnya adalah stratosfer yang berada pada ketinggian 10 sampai 50 km dari atas permukaan Bumi.

Sebagian besar ozon di atmosfer terkonsentrasi pada lapisan stratosfer ini, yaitu pada ketinggian 15 – 30 km dari atas permukaan Bumi.

l 10

Ozon tersusun atas 3 atom oksigen dengan rumus molekul kimia O3. Tidak seperti oksigen yang tidak berwarna dan tidak berbau—ozon berwarna biru dan berbau cukup kuat.

Ozon sangat aman bagi seluruh bidang kehidupan di Bumi, bahkan ia memainkan peran yang sangat penting dan memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi Bumi serta seluruh kehidupan di dalamnya.

Berikut ini beberapa fungsi penting ozon bagi kehidupan di Bumi.

1. Di bidang kesehatan

Ozon memainkan peran penting di bidang kesehatan. Sebab, ozon mampu menyerap sebagian besar—menurut beberapa sumber, sekitar 98%—sinar ultraviolet yang dikenal sebagai UV-A dan UV-B.

Menurut berbagai penelitian, sinar UV-B dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburns), kanker seperti karsinoma sel skuamosa dan karsinoma sel basal.

Sebagian orang berpikir bahwa sinar UV-A tidak berbahaya bagi kesehatan karena tidak menyebabkan kulit terbakar. Namun, penelitian berkata lain.

Para ilmuwan menemukan bahwa sinar UV-A lebih berbahaya dari sinar UV-B. Sebab, ternyata sinar UV-A mampu menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan kanker mematikan, melanoma, dan penuaan dini.

Sinar ultraviolet juga menyebabkan katarak pada mata.

2. Penghilang polusi udara pada ruangan

Badan Perlindungan Lingkungan pada kongres tahun 1989 mengatakan bahwa ternyata sebagian besar rumah memiliki konsentrasi udara yang buruk bahkan lebih tinggi 2 – 3 kali lipat dari luar ruangan. Sebab, di dalam ruangan mengandung bahan kimia beracun dan berbahaya.

Tidak cukup itu saja, sebuah studi menyatakan bahwa banyak rumah yang memiliki tingkat polusi udara 70 kali lebih tinggi dari luar ruangan. Hal tersebut dimiliki oleh gedung-gedung kedap udara yang memilih menggunakan mesin pendingin maupun pemanas ruangan.

Dr. Gurbermskill dan Dmitriev mengemukakan penelitiannya bahwa AC yang digunakan di gedung perkantoran dapat menyebabkan para pekerja mengalami badan terasa lemah, sakit kepala dan kekurangan oksigen yang menyebabkan penyakit lain seperti pilek, gangguan kardiovaskular, dan rematik.

Hal tersebut dikarenakan ozon sebagai pembersih udara alami tidak dapat masuk ruangan.

3. Di bidang industri makanan

Di bidang industri makanan, Myron James—seorang manager teknologi—menyatakan bahwa ozon sangat efisien dalam membunuh organisme pembusuk dan bakteri patogen.

Sehingga ozon bisa dimanfaatkan sebagai alat dalam industri makanan yaitu untuk memastikan bahwa produksi pangan yang dihasilkan sudah aman dan sehat.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu, ozon juga digunakan di dalam mesin pendingin untuk tetap mempertahankan kesegaran makanan yang disimpan agar tahan lama.

Mengingat ozon begitu penting untuk menjaga kelangsungan kehidupan manusia dan makhluk di dalamnya agar bisa menjalankan keseharian dengan sehat, maka kita harus lebih aware  dan berhati-hati serta membatasi penggunaan barang-barang yang dapat berkontribusi dalam penipisan lapisan ozon.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *