Fungsi Leher Knalpot Patah Terhadap Tenaga Kendor Pada Sepeda Motor

Fungsi Leher Knalpot Patah Terhadap Tenaga Kendor Pada Sepeda Motor – Knalpot menjadi salah satu komponen terpenting pada sebuah sepeda motor.

Saluran gas buang ini berfungsi tidak hanya membuang sisa pembakaran saja tetapi juga mendukung performa tunggangan anda berupa sepeda motor. Knalpot yang patah akan berpengaruh besar terhadap performa mesin karena pembuangannya tidak maksimal.

1

Udara yang bocor di sela-sela knalpot akan membuat pembuangan terlalu cepat terjadi. Dimana diketahui bahwa di dalam knalpot sendiri mempunyai rancangan untuk memberi efek tendangan balik udara.

Knalpot yang patah akan membuat tendangan balik ini menjadi kendor. Seharusnya ada tendangan balik dari knalpot agar daya pacu sepeda motor anda menjadi kuat.

Knalpot yang paling rentan patah terutama di bagian lehernya saja. Sayangnya, karena posisinya yang agar tersembunyi membuat knalpot yang rusak sering terlupakan oleh pemilik sepeda motor.

Pemilik yang jarang membersihkan bagian knalpot akan menyebabkan kondisinya lama – lama berkarat dan susah dibersihkan.

Tarikan sepeda motor yang semakin berat anda gunakan mungkin pernah atau sering dialami oleh semua pemilik sepeda motor.

Tidak terkecuali motor matik apalagi yang sudah memiliki usia bertahun – tahun. Lantas, apa sebetulnya yang menjadi penyebab masalah ini bisa terjadi ?

Menurut Izas Ismail, Sevice Advisor Dealer Honda Mitra Jaya Depok, Jakarta menjelaskan bahwa hal yang patut diketahui oleh pemilik motor terlebih dulu dan paling penting adalah cara kerja mesin terutama knalpot dan komponennya.

Di samping itu, agar motor anda dapat hidup, sebetulnya hanya membutuhkan tiga komponen, bahan bakar, kompresi, dan kelistrikan.

Tiga bagian inilah yang wajib anda periksa untuk mengetahui mengapa tarikan motor anda terasa berat di samping kemungkinan besar fungsi leher knalpot motor anda sedang patah.

Fungsi Knalpot Sepeda Motor

Fungsi knalpot pada sepeda motor anda adalah untuk meredam hasil ledakan di ruang bakar ketika motor anda sedang digunakan.

Ledakan pembakaran dari campuran bahan bakar dan udara berlangsung sangat epat di ruang bakar.

Ledakan ini dapat menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam suara tersebut agar tidak mengganggu anda atau gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari klep buang knalpot tidak langsung dilepas ke udara terbuka maka gas buang disalurkan terlebih dahulu ke dalam peredam suara atau muffler di dalam knalpot. Inilah yang kemudian dikenal sebagai fungsi utama dari knalpot.

Berdasarkan banyaknya riset dan temuan (di serkitar tahun 1950an) ternyata knalpot bisa difungsikan  sebagai  penambah  tenaga  pada engine (tapi saat itu masih berupa engine 2 tak saja).

Pada saat itu di negeri Jerman ditemukan sistim chamber (adalah knalpot yang tengahnya berbodi gendut), mungkin anda sudah sering melihat pada motor 2 tak (dan orang-orang menyebutnya knalpot racing), sebenarnya adalah efek turbulensi yang dibuat secara optimal untuk menambah daya pacu dari motor anda agar mampu berlari dengan ringan.

Mengetahui tentang sedikit pengetahuan cara kerja knalpot pada sepeda motor

Gas buang sisa pembakaran yang berkecepatan dan bertekanan sangat  tinggi  pada  header pipe (leher knalpot) dibuang dan berkumpul dibagian perut knalpot, akibatnya adalah lebih dari sebagian gas akan balik (dikenal dengan istilah efek turbulensi) ke header, membuat tekanan menjadi lebih tinggi lagi, menciptakan kompresi baru (yang lebih tinggi) sehingga power upnya naik hingga 30% ~ 35 % (untuk 2 tak) dengan melakukan hitungan yang tepat. Hitungan gas buang ditentukan dengan satuan RE (renold).

Satuan ini menentukan bentuk aliran fluida terhadap gas buang, dimana mereka akan bekerja dengan dibantu oleh turbulen dan laminer.

Kalau hasil hitunganya lebih besar dari 2300 RE maka dikenal dengan istilah Turbulen, tapi kalau lebih kecil dari 2300 RE maka akan menjadi laminer.

Turbulen berbentuk gelombang sedangkan laminer berbentuk garis lurus, pada gas buang terakhir  sebenarnya masih terdapat sisa BBM yang belum terbakar, jadi kalau kondisi mengarah kepada turbulen (gelombang) akan membalikkan sisa tersebut ke ruang bakar sehingga pembakaran akan bertambah besar sekaligus menciptakan tenaga daya dorong yang cukup tinggi menjadi kecepatan daya pacu motor semakin bertambah kuat.

Baca Artikel Lainnya :

Pada engine 4 tak juga sama terhadap engine 2 tak dalam hal pembakarannya yang tidak lebih bersih sehingga jika dilakukan perawatan terhadap turbulens (dikembalikan untuk dibakar) materialnya akan menjadi lebih banyak yaitu 4 tak.

Tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga 20% bahkan 30% hanya dengan mengaplikasikan knalpot high performance yang dirancang khusus dengan tujuan meningkatkan performa secara optimal.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan anda mengetahui sedikit tentang sistem kerja pada knalpot diharapkan anda bisa menjaga fungsi leher knalpot agar tidak mudah patah sehingga tidak berpengaruh besar terhadap kekuatan tenaga pacu dari sepeda motor anda.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *