Fungsi Sekaligus Sifat Membran Sel

Fungsi Sekaligus Sifat Membran Sel – Membran sel sering disebut juga dengan istilah membran plasma dan terletak di bagian dalam antara inti sel dan dinding terluar sel. Karena letak inilah yang menjadikan membran sel memiliki fungsi yang sangat besar. Membran sel sendiri tersusun dari beberapa jenis protein yang menjadikannya kuat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Membran sel sendiri memiliki beragam fungsi, dan menjadikannya sebagai bagian sel yang sangat penting.

a1

Apa Saja Fungsi dari Membran Sel?

Membran sel sebenarnya hanya dimiliki oleh tanaman, sama halnya dengan dinding sel, sebab ketika ada dinding sel maka dapat dipastikan akan ada membran sel. Membran sel sendiri memiliki fungsi utama yang cukup beragam, berikut adalah ulasan secara garis besarnya:

  1. Sebagai pengatur laju molekul di dalam tubuh tanaman

Membran sel memiliki beberapa lapisan yang terbentuk dari protein yang memiliki manfaat sebagai tempat terjadinya lalu lintas pertukaran molekul. Ada bagian membran sel yang mampu mencegah protein larut ke dalam air. Sel yang ada memiliki cairan yang mampu melarutkan protein yang masuk, dengan adanya membran ini. Maka protein yang masuk akan terserap dengan baik, dan memberikan manfaat ke tanaman.

  1. Sebagai bagian yang memisahkan antara bagian dalam dan luar sel

Membran sel yang terletak di antara inti sel dan juga bagian dinding terluar dari sel mampu membentuk sebuah pelindung. Ada beberapa molekul yang bisa merusak inti sel, sehingga dengan adanya batasan dari keberadaan membran sel. Maka molekul kurang bermanfaat tersebut bisa dialihkan dan dibuang untuk kemudian digantikan dengan molekul lain yang diperlukan. Secara mudahnya, membran sel juga berfungsi sebagai sebuah saringan. Memilihkan zat atau molekul mana saja yang dibutuhkan dan yang harus ditolak untuk tidak memberikan dampak negatif ke sel dan ke tanaman secara luasnya.

Membran sel terdiri atas dua lapisan yang merupakan lapisan protein, dan uniknya lapisan ini memiliki sifat yang berbeda. Meskipun berbeda, namun ketika bekerja dengan baik mampu menjalankan sebuah tujuan yang sejalan. Sebab membran sel terdiri atas lapisan yang mampu melarutkan protein dan selainnya memiliki sifat sebaliknya. Ketika bagian luar mampu menyerap protein, maka protein ini tidak akan menembus ke inti sel. Hasilnya adalah protein yang masuk justru membukakan jalan bagi molekul maupun ion-ion bermanfaat lainnya.

Molekul yang berhasil masuk ini akan dibantu oleh protein yang membentuk sebuah celah sebagai jalan menuju bagian inti sel. Hasilnya adalah molekul bermanfaat akan mampu terserap dengan baik namun tidak menimbulkan gangguan ke bagian inti sel. Perbedaan yang membentuk keseimbangan, meskipun memiliki sifat berbeda namun mampu menghasilkan sebuah tujuan bersama-sama. Fungsi membran sel yang sangat vital inilah yang membuatnya menjadi organel sel penting.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Fungsi Sekaligus Sifat Membran Sel

  1. Pingback: Pengertian, Faktor, Proses dan Jenis Difusi | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Ganggang, Protista Serupa Tumbuhan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Pingback: Pengertian dan Definisi Osmosis | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *