Fungsi Serta Khasiat Vitamin K

Vitamin K ialah salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan sistemnya dengan baik. Sebagai salah satu vitamin yang dapat larut di dalam lemak dimana pada nanti hasil dari proses ini diperlukan untuk pembekuan pada darah.

f 18

Seperti contohnya ialah mencegah adanya darah yang keluar akibat terluka atau termasuk peran dari unsur protrombin. Di samping itu vitamin ini mampu menguatkan kapiler dan tulang-tulang pada tubuh.

Seringkali jenis dan macam-macam komponen yang mengandung vitamin K ini dijumpai pada aneka sayur berdaun hijau. Dalam daun yang mengandung Phylloquinone atau K1 ini dapat berperan sebagai kalsium yakni untuk proses penyerapan tulang sekaligus menjaga kesehatan pada tulang itu sendiri.

Bahkan peran dari unsur ini mampu mengurangi resiko rapuh pada tulang atau osteoporosis. Bisa pula diambil pernyataan bahwa kekurangan vitamin K ini menjadikan adanya resiko dari osteoporosis itu.

Selain Phylloquinone ini, vitamin K juga memiliki kandungan lain berupa menadion dan menaquinone. Di sebut sebagai menaquinone atau K2 ini dapat diproduksi oleh tubuh secara natural dan dibantu oleh bakteri usus. Hal ini akan berbeda bilamana seseorang seringkali mengkonsumsi antibiotik yang mana dapat membunuh bakteri di dalam usus.

Dengan begitu kebutuhan K2 ini tidak dapat terpenuhi karena tak bisa diproduksi. Sedangkan pada menadione atau K3 ini termasuk vitamin K yang terbuat secara sengaja. Jenis dari menu bervitamin K dan diserap dengan baik melalui penyerapan lemak.

Sebenarnya, fungsi penting dari vitamin K tak hanya itu saja, melainkan ada lebih. Seperti halnya pada proses penelitian di sebuah Laboratorium dengan hasil sebagai penghambat pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh. Sehingga, Anda pun perlu menjaga sekaligus mengkonsumsi aneka menu bervitamin K, seperti contohnya ialah:

  • Kangkung,
  • Brokoli,
  • Bayam,
  • Kubis,
  • Selada,
  • Kedelai,
  • Kembang kol,
  • Strawbery, dll.

Sebagian besar kandungan vitamin K dapat dijumpai pada sayuran hijau. Termasuk pula pada teh hijau yang mana tanaman ini sebagai satu-satunya jenis teh yang mempunyai nutrisi tersebut.

Untuk itu, bila menu yang lain dikonsumsi sebagai makanan maka kandungan ini bisa dikonsumsi sebagai minuman. Dengan begitu lengkap sudah cara pengkonsumsian aneka vitamin K yang terdapat di beberapa menu, entah itu menu makanan ataupun minuman.

Mencukupi kebutuhan vitamin K untuk tubuh sangatlah perlu. Terbayang bilamana asupan ini jauh dari cukup, bukan? Tentu saja kekurangan itu tak terlepas dari adanya resiko dari mimisan, pendarahan abnormal, pendarahan pada usus dan lainnya.

Bahkan terjadi pula defisiensi vitamin K yang bisa dialami oleh bayi. Maka tak heran bilamana saat bayi itu lahir akan memperoleh asupan vitamin tersebut melalui suntikan. Tujuannya ialah menjaga kesehatan sang bayi agar terhindari dari resiko pendarahan.

Dalam mengkonsumsi vitamin K memang harus dalam batasan yang cukup. Agar nantinya nutrisi ini dapat berfungsi seperti seharusnya. Seperti halnya memberikan manfaat berupa asupan penurun kolesterol yang alami. Di imbangi pula untuk membantu bakteri baik di dalam usus agar senantiasa menjaga kesehatan usus itu sendiri.

Dengan penjagaan dari usus ini akan membuat sistem pencernaan yang baik-baik saja. Serta menghindarkan pula dari resiko radang usus dan crohn hati. Dimana keadaan ini bisa terjadi karena terjadi gangguan dari bakteri baik id usus untuk melakukan proses penyerapan lemak. Untuk itu, diperlukan batasan asupan vitamin K yang cukup serta pada pola hidup yang sehat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *