Fungsi dan Manfaat Vitamin K bagi Tubuh Manusia

Fungsi dan Manfaat Vitamin K bagi Tubuh Manusia – Ketika Kita menyebut vitamin K maka Kita akan mengenal istilah Koagulasi, yang merupakan nama lain dari vitamin ini. Kata Koagulasi diperoleh dari bahasa Inggris, yakni istilah “Coagualation” yang diartikan sebagai proses pembekuan darah.

1

Vitamin K merupakan salah satu jenis vitamin yang larut ke dalam lemak. Bagi tubuh manusia vitamin K memang diperlukan, meskipun kasus kekurangan vitamin ini terbilang langka dan nyaris tidak ada.

Meskipun langka namun pernah ada beberapa kasus seseorang mengalami kekurangan vitamin K dan harus menjalani perawatan medis yang serius. Kekurangan vitamin K dapat menghambat proses pembekuan darah, yang kemudian memperlambat atau bahkan menghilangkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Akibatnya ketika ada luka yang sangat kecil sekalipun bisa membesar dan berakibat fatal bagi penderitanya. Adapun kebutuhan vitamin K bagi tubuh ialah 2 mcg per kilogram dari berat badan Kita.

Mengenal proses pembekuan darah

Proses pembekuan darah bertujuan untuk memulihkan tubuh usai terjadi benturan, baik skala besar maupun kecil. Pembekuan darah dapat terjadi dengan adanya bantuan dari beberapa jenis protein, dan pengolahan protein ini memerlukan kehadiran vitamin K.

Vitamin K apabila jumlahnya berkurang atau kecil maka akan mengganggu proses pembekuan darah. Akibat yang ditimbulkan cukup beragam, mulai dari tubuh mudah terkena memar meski mengalami benturan kecil. Kemudian mudah terjadi pendarahan pada tubuh, baik saat membuang feces maupun terkena luka ringan hingga berat.

Manfaat vitamin k bagi tubuh

Vitamin K bisa dijumpai dalam beberapa jenis makanan, seperti pada kedelai, kol, sayuran hijau, brokoli, asparagus, susu, dan juga hati. Vitamin K di dalam tubuh terdapat di bagian usus besar, yakni yang bersumber dari bakteri baik di dalam tubuh.

Penyediaan vitamin K secara alami oleh tubuh manusia ternyata belum mencukupi sehingga memerlukan tambahan dari luar. Maka diperlukan asupan tambahan dari makanan yang dikonsumsi yang mana memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi.

Membantu mengenal sumber vitamin K dan juga manfaatnya, maka penting sekali untuk mengetahui fungsi atau manfaatnya bagi tubuh. Manfaat tersebut antara lain:

  1. Membantu menjaga kesehatan tulang

Kebutuhan vitamin K yang terpenuhi akan membantu membentuk dan menjaga kepadatan tulang yang lebih kuat. Proses penyerapan mineral penting dalam membuat struktur tulang yang utuh dan kuat tidak dapat terpisahkan dari peran vitamin K ini. Vitamin K akan membantu senyawa osteokalsin menyerap mineral penting dalam memadatkan tulang.

  1. Membantu mencegah diabetes

Vitamin K yang cukup sesuai kebutuhan tubuh ternyata mampu mencegah dan menekan kemungkinan terjadinya resitansi insulin. Hormon insulin yang jumlahnya normal akan mampu mengolah gula di dalam darah menjadi energi. Sehingga kebutuhan organ akan energi tidak mengalami hambatan, mencegah diabetes dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan kaya vitamin K.

  1. Mencegah munculnya hemoragik

Hemoragik merupakan salah satu kelainan sulitnya melakukan pembekuan darah yang terjadi pada bayi. Sehingga memerlukan asupan vitamin K dari luar, yakni dari ASI yang diberikan oleh si ibu sehingga membantu proses pembekuan darah secara normal. Pemenuhan kebutuhan vitamin K dari ibu menuntut si ibu untuk mendapatkan asupan vitamin K yang cukup.

  1. Membantu mencegah penyakit kanker

Keberadaan vitamin K di dalam tubuh ternyata juga mampu menangkal pertumbuhan sel kanker pada organ hati dan juga paru-paru. Sehingga membantu mengatasi permasalah penyakit mematikan ini bisa dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin K.

Baca Juga :

Manfaat dan Peran Dari Vitamin D

Jenis Vitamin dan Fungsinya bagi Tubuh

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Fungsi dan Manfaat Vitamin K bagi Tubuh Manusia

  1. Pingback: Cara Menghilangkan Jerawat membandel Secara Alami | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Beragam Manfaat dan Fungsi Wortel Untuk Kesehatan | Joko Warino Blog

  3. Pingback: 8 Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *